PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA HORN CONICAL PADA FREKUENSI X-BAND (9.4 GHz) UNTUK APLIKASI ESM (ELECTRONIC SUPPORT MEASURE)

LUH PUTU WINA ARIANTINI

Informasi Dasar

15.04.460
621.38 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Electronic Support Measures (ESM) secara umum adalah sebuah peralatan elektronik yang berfungsi untuk menerima sinyal gelombang elektromagnetik, kemudian sinyal tersebut diproses dan dianalisa sehingga diperoleh lokasi (posisi), kuat sinyal (signal strength) dan parameter lainnya. Peralatan ESM terdiri dari bagian penerima, bagian prossesing dan mechanical support[10]. 

Pada sistem ESM ini, antena merupakan komponen yang sangat menentukan sistem dapat bekerja dengan baik terutama dalam hal pendeteksian sinyal-sinyal yang selanjutnya akan diproses oleh sistem signal processing dimana pada sistem ESM ini dibutuhkan beamwidth yang sempit sehingga didapatkan gain dan direktivitas yang tinggi untuk menentukan sudut dari pola pancar sehingga dapat mendeteksi objek-objek yang berdekatan. Pada tugas akhir ini membahas tentang antena horn conical pada frekuensi x-band (9.4 GHz) untuk diaplikasikan pada ESM (Electronic Support Measure). Antena ini berfungsi sebagai penerima/pengirim sinyal-sinyal yang terdeteksi dari suatu sistem ESM. Selanjutnya antena ini dilakukan pembuatan dan pengujian terhadap pengukuran performansi antena yaitu mengenai daya pancar dan kualitas kinerja antena. Antena pada perangkat ESM ini menggunakan antena horn berbentuk conical yang bekerja pada frekuensi x-band (9.4 GHz). Antena ini memperoleh hasil pengukuran yaitu VSWR sebesar 1.454, return loss sebesar -14.646, impedansi sebesar 58.555 - J 18.514 ?, nilai bandwidth sebesar 2.13 GHz, gain sebesar 16.44 dBi, pola radiasi unidireksional, serta polarisasi eliptik.

Kata kunci : Antena horn conical, ESM (Electronic Support Measure)

Subjek

TELECOMMUNICATIONS
 

Katalog

PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA HORN CONICAL PADA FREKUENSI X-BAND (9.4 GHz) UNTUK APLIKASI ESM (ELECTRONIC SUPPORT MEASURE)
 
var.p.: pdf file.; daftar pustaka + lam.
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

LUH PUTU WINA ARIANTINI
Perorangan
HAFIDUDIN, YUYU WAHYU
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini