PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA MIKROSTRIP LOG PERIODIKUNTUK APLIKASI DVB-T PADA FREKUENSI UHFDESIGN

ALFAN ARDI WIBAWA

Informasi Dasar

15.04.443
621.815
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI

Dalam era modernisasi dan perkembangan teknologi komunikasi semakin maju dan tuntutan untuk kestabilan proses komunikasi, bandwidth yang semakin besar, juga jenis data yang bisa dikomunikasikan semakin beragam termasuk salah satunya untuk keperluan penyiaran televisi. Dimana salah satu perangkat yang enjadi bagian penting dari sistemnya adalah antena. Antena sendiri terdapat dua macam berdasarkan fungsinya, yaitu antena pengirim dan penerima. Antena sendiri berfungsi sebagai perangkat pengirim atau penerima sinyal elektromagnetik.

Pada tugas akhir ini dirancang dan direalisasikan sebuah antena mikrostrip log periodik dengan metode meander untuk rentang frekuensi kerja UHF DVB-T yaitu antara 470-700 MHz. Metode ini dipilih karena kelebihan untuk mendapatkan dimensi antena yang kecil untuk mempermudah proses integrasi dengan perangkat lain, sehingga praktis dan tidak memerlukan ruang yang cenderung luas.

Bahan yang digunakan berupa substrat FR4 dan menggunakan metode thick film pada PCB. Pemilihan bahan FR4 dilakukan karena untuk mempermudah proses realisasi antena, karena ketersediaan bahan yang banyak di pasaran. Selain itu untuk wilayah pelaksanaan tugas akhir ini, FR4 cenderung mudah didapatkan. Sedangkan perancangan dan simulasinya menggunakan software CST STUDIO SUITE 2010 untuk mengamati dan mendapatkan parameter-parameter yang diinginkan. Parameter yang diamati diantaranya VSWR, pola radiasi, impedansi, polarisasi, return loss, dan gain.

Hasil yang didapatkan dari tugas akhir ini adalah prototype antena dengan ketebalan substrat 3,2 mm, yang menghasilkan parameter pengamatan sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan. Hasilnya adalah didapatkan dimensi total antena 57.88 x 41.18 mm menggunakan substrat FR4 3,2 mm, dan hasil pengukuran pada frekuensi 633.551 MHz VSWR=1.3016, Return Loss = -17.647 dB, impedansi 40.986 Ohm , pola radiasi uni direksional, polarisasi eliptik, gain sebesar 2,52 dBi

Kata kunci : Antena mikrostrip, DVB-T, meander, CST, thick film, PCB, log periodik

Subjek

Antennas-design & construction - cad-antennas.
 

Katalog

PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA MIKROSTRIP LOG PERIODIKUNTUK APLIKASI DVB-T PADA FREKUENSI UHFDESIGN
 
var.p.: pdf file.; daftar pustaka + lam.
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALFAN ARDI WIBAWA
Perorangan
HAFIDUDIN, YUYU WAHYU
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini