Analisis dan Simulasi Spectrum Sensing Menggunakan High Order Statistical Analysis dengan Metode Ekstraksi Ciri Bicoherence

CLAY C A TALAKUA

Informasi Dasar

15.04.412
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Spektrum frekuensi merupakan sumber daya terbatas. Pemborosan spektrum frekuensi merupakan sebuah problema meskipun sudah telah ditetapkan regulasi untuk memaksimalkan pemanfaatan spektrum frekuensi. Cognitive radio merupakan sistem komunikasi cerdas yang mampu memaksimalkan penggunaan spektrum frekuensi. Spectrum sensing yang ada pada cognitive radio memampukan untuk mendeteksi aktivitas primary user sebagai sumber daya yang dapat dieksploitasi oleh secondary user.

Penerapan High Order Statistical Analysis memungkinkan untuk digunakan pada spectrum sensing. Bicoherence akan digunakan sebagai metode ekstraksi ciri untuk mengkalkulasi dan pemetaan spektrum frekuensi. Kelebihan dari High Order Statistics dan bicoherence untuk spectrum sensing adalah kemampuannya untuk menekan Gaussian noise pada lingkungan dengan signal-to-noise ratio rendah.

Hasil keluaran sistem mampu menunjukan aktivitas frekuensi primary user. Kemampuan sistem untuk mendeteksi sinyal primary user diwakili oleh Probability Detection. Nilai Probability detection ? 0.9 pada sistem diperoleh mulai dari SNR 0 dB hingga pada SNR -12 dB. Nilai tersebut semakin mengecil seiring bertambah rendahnya nilai SNR.

Kata kunci : Spectrum sensing, high order statistical analysis, bicoherence

Subjek

Engineering - signal processing
 

Katalog

Analisis dan Simulasi Spectrum Sensing Menggunakan High Order Statistical Analysis dengan Metode Ekstraksi Ciri Bicoherence
 
var.p.: pdf file.; daftar pustaka + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CLAY C A TALAKUA
Perorangan
Kris Sujatmoko, Afief Dias Pambbudi
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini