PERANCANGAN DAN REALISASI PROTOTYPE SISTEM KONTROL OTOMATIS UNTUK KANDANG ANAK AYAM MENGGUNAKAN METODE LOGIKA FUZZY (PEMBERI PAKAN, CONVEYOR BERJALAN, KENDALI SUHU DAN KELEMBABAN)

ANGGARA ANDI PRATAMA

Informasi Dasar

15.04.382
629.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Anak ayam baru bisa mengatur suhu tubuhnya secara optimal ketika umur anak ayam tersebut sudah memasuki umur lebih dari satu minggu, oleh karena itu peran brooder (pemanas) sangat penting untuk menjaga suhu dan kelembaban kandang tetap dalam zona nyaman anak ayam. Suhu yang dibutuhkan anak ayam tipe broiler pada masa brooding adalah 35?C-37?C dan kelembabannya adalah 60%-70%, dan setelah masa brooding selesai suhu yang dibutuhkan adalah 28?C-29?C dan kelembabannya adalah 60%-70. Untuk menangani kondisi tersebut dibutuhkan suatu sistem yang dapat dioperasikan secara otomatis pada perusahaan peternakan ayam, karena penggunakan cara konvensional masih membutuhkan banyak karyawan selain itu kondisi kandang yang kurang bagus akan menghambat masa waktu panen ayam. Pada penelitian ini dibuat sebuah kandang khusus untuk anak ayam yang dapat bekerja secara otomatis. kandang anak ayam otomatis ini dapat mengendalikan suhu, kelembaban , memberikan pakan kepada anak ayam secara otomatis, dan dilengkapi dengan conveyor berjalan yang digunakan untuk mempermudah dalam membersihkan kotoran ternak di dalam ruangan kandang. Metode Logika Fuzzy digunakan pada sistem pengendali suhu dan kelembaban pada masa brooding, sedangkan pada masa after brooding digunakan cara konvensional. Pada pengujian, sistem ini dapat bekerja dengan baik, hal ini dapat ditunjukkan bahwa sistem dapat menstabilkan suhu dan kelembaban di dalam ruangan kandang sesuai dengan yang diinginkan dengan menggunakan metode logika fuzzy yang mengandung 25 rule pada masa brooding dan metode konvensional pada masa setelah brooding. Feeder dapat dioperasikan secara otomatis dengan nilai threshold pada photodioda 1 pendeteksi makanan sebesar 200, photodioda 2 sebesar 90, dan photodioda 3 sebesar 150. Selain itu Conveyor dapat berjalan secara otomatis setiap jam 8 pagi dan conveyor dapat dihentikan oleh sensor photodioda pendeteksi garis dengan nilai threshold yang diberikan sebesar 800 ketika berada di dalam ruangan N101 dan 150 ketika berada di luar ruangan N101. Selain itu lama waktu rata-rata conveyor dalam setengah putaran atau setelah terdeteksi oleh pendeteksi garis adalah 41,25 menit. Kata kunci : Brooding, brooder, conveyor berjalan, logika fuzzy, threshold, feeder, photodioda

Subjek

CONTROL SYSTEMS
 

Katalog

PERANCANGAN DAN REALISASI PROTOTYPE SISTEM KONTROL OTOMATIS UNTUK KANDANG ANAK AYAM MENGGUNAKAN METODE LOGIKA FUZZY (PEMBERI PAKAN, CONVEYOR BERJALAN, KENDALI SUHU DAN KELEMBABAN)
 
92p.: pdf file.; daftar pustaka + lam.
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANGGARA ANDI PRATAMA
Perorangan
Angga Rusdinar, Budi Setiadi
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini