PENGARUH REPUTASI UNDERWRITER, LISTING DELAY, UMUR PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, FINANCIAL LEVERAGE TERHADAP UNDERPRICING SAHAM (Studi Kasus Pada Perusahaan IPO di BEI Tahun 2009-2013)

RAMADANI MAROFEN

Informasi Dasar

15.04.314
332.632 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Fenomena underpricing kadang terjadi pada perusahaan yang melakukan penawaran umum saham perdana. Berdasarkan Bursa Efek Indonesia (BEI), selama periode tahun 2009-2013 menunjukkan bahwa terdapat 84 perusahaan yang dinilai telalu rendah pada saat penawaran saham perdana. Karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh reputasi penjamin emisi, listing delay, umur perusahaan, profitabilitas, dan financial leverage terhadap tingkat underpricing. Underpricing merupakan keadaan dimana harga saham perdana lebih rendah dibandingkan pada harga saham saat berada di pasar sekunder. Penelitian ini mengunakan purposive sampling terhadap 84 perusahaan yang melakukan penawaran umum saham perdana di BEI pada periode 2009-2013. Data yang digunakan dianalisa dengan menggunakan regresi linear berganda yang berbasis Ordinary Least Square (OLS) merupakan model regresi yang menghasilkan estimator linear tidak bias terbaik dengan tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa reputasi penjamin emisi, listing delay, dan profitabilitas memiliki pengaruh signifikan terhadap tingkat underpricing, sedangkan umur perusahaan dan financial leverage tidak memiliki pengaruh terhadap tingkat underpricing. Kata kunci: Underpricing, reputasi underwriter, listing delay, ROA, DER, Umur Perusahaan

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

PENGARUH REPUTASI UNDERWRITER, LISTING DELAY, UMUR PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, FINANCIAL LEVERAGE TERHADAP UNDERPRICING SAHAM (Studi Kasus Pada Perusahaan IPO di BEI Tahun 2009-2013)
 
86p.:pdf file.;daftar pustaka + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAMADANI MAROFEN
Perorangan
Khairunnisa
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ekonomi
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini