ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM KEAMANAN PENGIRIMAN DOKUMEN: ENKRIPSI DOKUMEN DISISIPI TANDA TANGAN DIGITAL MENGGUNAKAN INTERNATIONAL DATA ENCRYPTION ALGORITHM (IDEA)

RIZKI RIANDINI ARDHIANA

Informasi Dasar

15.04.298
005.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pengiriman dokumen melalui e-mail banyak digunakan sebagai media komunikasi antar lembaga profesional. Beberapa dokumen diantaranya bersifat rahasia dan perlu pembatasan hak akses. Karenanya dibutuhkan metode pengamanan yang efektif untuk mencegah pihak yang tidak berhak mengetahui isi dokumen. Diperlukan pula cara agar sisi penerima mengetahui validitas dokumen yang diterima.

Untuk menyelesaikan permasalahan ini dilakukan pengamanan dokumen dalam bentuk aplikasi desktop. Algoritma pengamanan yang digunakan ialah International Data Encryption Algorithm (IDEA). Dengan panjang kunci 128-bit dan jumlah putaran proses 8.5 putaran. Dokumen sebelumnya telah disisipi oleh Digital Signature (DS) yang berbeda di setiap dokumennya sebagai penanda. Setelah proses dekripis nilai DS dipisahkan.

Masukan untuk proses enkripsi ialah file .txt, .docx, atau .xlsx, diambil nilai binari dari masing-masing file. Keluaran dari proses enkripsi ialah ciphertext dengan tipe file text. File ini menjadi masukan bagi proses dekripsi, dengan keluaran file yang sama dengan file asli pengirim. Hasil dari riset ini ialah akurasi keluaran dekripsi untuk file .txt mencapai 100%, file .docx dan .xlsx mencapai 86,67%. Nilai Avalanche Effect yang diperoleh diantara rentang 49,32% hingga 50,77%.

Kata kunci: kriptografi, IDEA, file binari,DS

Subjek

Cryptography
DATA SECURITY

Katalog

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM KEAMANAN PENGIRIMAN DOKUMEN: ENKRIPSI DOKUMEN DISISIPI TANDA TANGAN DIGITAL MENGGUNAKAN INTERNATIONAL DATA ENCRYPTION ALGORITHM (IDEA)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIZKI RIANDINI ARDHIANA
Perorangan
R. Rumani, Surya Michrandi Nasution
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Komputer
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini