ANALISIS PERBANDINGAN METODE ARIMA DAN METODE GARCH UNTUK MEMPREDIKSI HARGA SAHAM. (Studi Kasus Pada Perusahaan Telekomunikasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Mei 2012 - April 2013)

Bayu Ariestya Ramadhan

Informasi Dasar

15.04.221
650.07
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada penelitian ini dilakukan analisis perbandingan performa model ARIMA dan model GARCH dalam melakukan peramalan harga saham perusahaan telekomunikasi yang terdaftar di BEI. Sampel yang digunakan adalah data harga saham PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk., (TLKM), PT. Indosat Tbk., (ISAT), PT XL Axiata Tbk., (EXCL), dan PT Smartfren Telecom Tbk., (FREN). Data harga saham yang digunakan untuk mengestimasi model adalah harga saham yang diperdagangkan selama periode 1 Mei 2012 – 30 April 2013 yang diamati secara harian.

Hasil analisis menemukan bahwa model yang cocok untuk memodelkan data harga saham TLKM adalah model ARIMA(2,1,2) dan model GARCH(1,1). Untuk data harga saham ISAT, model yang cocok adalah model ARIMA(0,1,14) dan GARCH(1,0). Untuk data harga harga saham EXCL, model yang cocok adalah model ARIMA(1,1,1) dan model GARCH(1,0). Sedangkan untuk data harga saham FREN tidak dapat dimodelkan dengan menggunakan model ARIMA dan GARCH karena data harga saham FREN telah stasioner pada level serta memiliki varians yang konstan.

Model ARIMA dan model GARCH dari masing-masing emiten selanjutnya digunakan untuk melakukan peramalan harga saham pada periode pengujian model, yakni selama periode 1 hingga 31 Mei 2013 secara harian. Performa masing-masing model dalam melakukan peramalan selanjutnya dievaluasi dengan menggunakan ukuran RMSE, MAE, dan MAPE. Model yang memiliki nilai kesalahan prediksi terkecil adalah model yang lebih superior. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model ARIMA(2,1,2) lebih superior dibandingkan model GARCH(1,1) dalam meramalkan harga saham TLKM, model GARCH(1,0) lebih superior dibandingkan model ARIMA(0,1,14) dalam meramalkan harga saham ISAT, dan model GARCH(1,0) lebih superior dibandingkan model ARIMA(1,1,1) dalam meramalkan harga saham EXCL.

Keywords: Analisis teknikal, analisis deret waktu univariat, model ARIMA, model GARCH, peramalan harga saham, RMSE, MAE, MAPE.

Subjek

BUSINESS RESEARCH
 

Katalog

ANALISIS PERBANDINGAN METODE ARIMA DAN METODE GARCH UNTUK MEMPREDIKSI HARGA SAHAM. (Studi Kasus Pada Perusahaan Telekomunikasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Mei 2012 - April 2013)
 
126p.: pdf file.; daftar pustaka + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Bayu Ariestya Ramadhan
Perorangan
Brady Rikumahu
 

Penerbit

Universitas Telkom, Manajemen Bisnis Telekomunikasi Dan Informatika
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini