PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE SAMSUNG GALAXY S4 (STUDI KASUS DI KOTA BANDUNG TAHUN 2014)

SILVIA AMANDA

Informasi Dasar

15.04.210
658.83
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dinamika persaingan bisnis yang semakin ketat menuntut perusahaan termasuk perusahaan telepon seluler untuk harus memiliki beberapa keunggulan yang membedakan produk perusahaannya dengan produk dari perusahaan lain yang dapat dijadikan competitive advantage bagi perusahaan tersebut. Dalam competitive advantage konsep yang biasa disajikan oleh suatu perusahaan adalah bauran pemasaran (Kotler & Keller, 2009:24). Samsung Electronics menjadikan bauran pemasaran sebagai alat bersaing dengan perusahaan lain yang sejenis, dalam hal ini produk handphone Samsung Galaxy S4. Bauran pemasaran terdiri dari empat variabel yang merupakan inti dari sistem pemasaran yaitu: produk (product), harga (price), tempat (place), dan promosi (promotion). Keempat variabel tersebut dikendalikan dan dipadukan satu sama lain oleh perusahaan sehingga dapat mempengaruhi konsumen dalam mengambil proses keputusan pembelian. Proses keputusan membeli timbul karena penilaian yang objektif atau dorongan emosi. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna handphone Samsung Galaxy S4 sebanyak 100 orang dengan menggunakan sampel yang seluruhnya dijadikan sebagai responden penelitian. Jenis penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode studi deskriptif dan explanatory. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan alat pengumpulan data kuesioner yang dibagikan kepada responden. Berdasarkan hasil uji hipotesis secara simultan (Uji F), bauran pemasaran berpengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian pada handphone Samsung Galaxy S4, hal ini dibuktikan dengan tingkat signifikansi 0,000 (taraf signifikansi yang diterima = 5%). Berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial (Uji t), hanya variabel produk, harga, dan tempat yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan variabel promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan koefisien determinasi didapat bahwa variabel bauran pemasaran mampu menjelaskan keputusan pembelian sebesar 0.931 atau 93.1% dan sisanya sebesar 6.9% dipengaruhi oleh faktor lain diantaranya faktor dari karakteristik dan psikologi konsumen (budaya, sosial, pribadi, dan psikologi) dan faktor pesaing yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Kata kunci : Bauran pemasaran, produk, harga, tempat, promosi dan proses keputusan pembelian

Subjek

MARKETING MIX
 

Katalog

PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE SAMSUNG GALAXY S4 (STUDI KASUS DI KOTA BANDUNG TAHUN 2014)
-
83p.:pdf file.;daftar pustaka + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SILVIA AMANDA
Perorangan
Heppy Millanyani
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen Bisnis
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini