IDENTIFIKASI POLA INTERAKSI DAN PENGGEMAR MUSIK MAYORITAS PADA KOMUNITAS PENGGUNA JEJARING SOSIAL LAST.FM DI FORUM KASKUS(Studi Menggunakan Metode Social Network Analysis)

IMMANUEL MATTHIAS PANDAPOTAN

Informasi Dasar

15.04.195
381.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Umumnya social media memiliki banyak jenis dan bentuknya, termasuk jejaring sosial dan forum online. Jejaring sosial yang menawarkan konten hiburan seperti musik sangat menarik dibahas di dalam forum online. Dalam forum online, terdapat percakapan yang bercabang yang merupakan cara berinteraksi yang umum dilakukan. Pengguna individu diberdayakan dengan teknologi menggunakan internet untuk berbagai tujuan termasuk terlibat dalam interaksi sosial dan berbagi konten. Penulis mengidentifikasi Pola Interaksi dan Penggemar Musik Mayoritas Pada Komunitas Pengguna Jejaring Sosial Last.fm di Forum Kaskus. Proses pola interaksi terjadi pada forum online yang terbentuk dari interaksi-interaksi antar member dalam forum online didasarkan pada komputasi sosial atau social computing yaitu kuantifikasi pola perilaku sosial manusia pada jaringan sosial yang tidak terstruktur dimodelkan oleh Social Network Analysis. Social Network Anaysis akan membantu menghasilkan visualisasi dari interaksi yang terjadi. Berdasarkan interaksi antar member pada forum tersebut yang menghasilkan kelompok. Kelompok yang paling besar nilainya di dalam jaringan diantara kelompok-kelompok lainnya akan dihitung menggunakan analisa community detection. Metode Social Network Analysis (SNA) mampu menghitung dan mengetahui kelompok-kelompok besar dalam forum online tersebut. Penelitian dilakukan dengan melakukan observasi ke forum online Kaskus dan mencatat setiap interaksi yang terjadi. Hasil penelitian mendeteksi lima kelompok besar dalam jaringan dan menghasilkan kelompok penggemar musik mayoritas besar electronic. Kelompok-kelompok penggemar musik pada Pengguna Jejaring Sosial Last.fm di Forum Kaskus menunjukkan perkembangan-perkembangan penikmat musik. Penggemar musik mayoritas electronic dapat dijadikan referensi bagi promotor dalam bisnis pertunjukkan konser musik (showbiz) untuk mengembangkan industri pertunjukkan konser musik bertaraf International

Subjek

SOCIAL NETWORKS
 

Katalog

IDENTIFIKASI POLA INTERAKSI DAN PENGGEMAR MUSIK MAYORITAS PADA KOMUNITAS PENGGUNA JEJARING SOSIAL LAST.FM DI FORUM KASKUS(Studi Menggunakan Metode Social Network Analysis)
-
72p.: pdf file.; daftar pustaka + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IMMANUEL MATTHIAS PANDAPOTAN
Perorangan
ANDRY ALAMSYAH
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini