APLIKASI PENGOLAHAN DAN PUBLIKASI DATA HIDROLOGI DI INDONESIA(STUDI KASUS : BALAI HIDROLOGI, PUSLITBANG PUSAIR KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM, BANDUNG)

GINA TRI PEBRIANI

Informasi Dasar

15.06.071
658.403 801
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Data hidrologi merupakan data yang dibutuhkan dalam mengetahui keberadaan air di bumi, khususnya memiliki fungsi dalam pengairan untuk beberapa sektor yaitu pertanian, pariwisata serta ketenagaan. Perhitungan data hidrologi haruslah tepat. Namun, data hidrologi tersebut diolah masih dalam kapasitas manual oleh Balai Hidrologi PUSAIR dikarenakan perhitungan data menggunakan file excel menghambat dalam validitas perhitungan data. Mengatasi masalah tersebut, dibuatlah suatu aplikasi dalam mengolah serta mempublikasikan data hidrologi dengan perhitungan yang otomatis, dengan output yang dihasilkan berupa penyimpanan ke dalam database. Aplikasi ini juga dapat memindahkan data-data hidrologi yang terlanjur ada dalam bentuk file excel ke dalam bentuk database dengan fitur import data. Pembuatan aplikasi ini dilakukan dengan metode Waterfall. Aplikasi berbasis desktop dan di implementasikan dengan bahasa pemograman JAVA, dan database MySQL sebagai media penyimpanan data. Aplikasi ini telah diuji dengan menggunakan metodologi BlackBox Testing. Berdasarkan hasil pengujian tersebut, disimpulkan bahwa aplikasi dapat, menyimpan, mengolah dan menampilkan data hidrologi dengan koneksi database mempermudah dalam mencetak laporan publikasi data hidrologi per tahun.
Kata Kunci: data hidrologi, aplikasi, JAVA, MySQL, waterfall, BlackBox Test

Subjek

COMPUTER PROGRAMS
MANAGEMENT INFORMATION SYSTEMS

Katalog

APLIKASI PENGOLAHAN DAN PUBLIKASI DATA HIDROLOGI DI INDONESIA(STUDI KASUS : BALAI HIDROLOGI, PUSLITBANG PUSAIR KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM, BANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GINA TRI PEBRIANI
Perorangan
Ely Rosely, Eka Widhi Yunarso
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini