PENGARUH FAKTOR INDIVIDU, ORGANISASI, DAN TEKNOLOGI TERHADAP KNOWLEDGE SHARING (Studi Kasus pada Kantor Distribusi PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten)

VIRA DWIMADYASARI

Informasi Dasar

15.04.188
658.07
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Persaingan saat ini sudah semakin meningkat, kemampuan teknologi informasi sudah semakin canggih, dan kecerdasan manusia sudah banyak dikembangkan secara lebih baik untuk memiliki keunggulan yang signifikan dibandingkan dengan organisasi yang mengabaikan knowledge. Tidak menutup kemungkinan semakin banyak organisasi atau perusahaan yang secara konsisten menggunakan knowledge dalam basis manajemennya. Tujuan utama Kantor Distribusi PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten dalam penerapan knowledge sharing adalah untuk mendorong inovasi perusahaan, dengan beberapa faktor pendorong kegiatan knowledge sharing yang perlu diperhatikan seperti faktor individu, faktor organisasi, dan faktor teknologi. Hal inilah yang menjadi latar belakang penelitian mengenai pengaruh faktor individu, organisasi dan teknologi terhadap knowledge sharing Kantor Distribusi PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten.

Penelitian ini melibatkan empat variabel utama, terdiri dari tiga variabel independent yang terkait dengan knowledge sharing enablers dan satu variabel dependent yaitu knowledge sharing. Ketiga variabel independent tersebut adalah Individual Factors to Share (X1), Organizational Factors to Share (X2), dan Technology Factors to Share (X3).

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif, verifikatif, dan kausal. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur.

Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa Kantor Distribusi PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten memiliki individual factors to share yang baik dengan nilai rata-rata persentase sebesar 78,31%, organizational factors to share yang baik dengan nilai rata-rata persentase sebesar 68,60%, technology factors to share yang baik dengan nilai rata-rata persentase sebesar 75,26 %, dan knowledge sharing yang tinggi dengan nilai rata-rata persentase sebesar 72,02%. Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa hanya terdapat dua variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap knowledge sharing enablers, yaitu variabel faktor individu (X1) dan faktor teknologi (X3). Kedua variabel tersebut secara simultan berpengaruh sebesar 51,2% terhadap knowledge sharing di Kantor Distribusi PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten, dan sisanya yaitu sebesar 48,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Kata kunci: faktor individu, faktor organisasi, faktor teknologi, knowledge sharing.

Subjek

KNOWLEDGE MANAGEMENT-KNOWLEDGE SHARING
 

Katalog

PENGARUH FAKTOR INDIVIDU, ORGANISASI, DAN TEKNOLOGI TERHADAP KNOWLEDGE SHARING (Studi Kasus pada Kantor Distribusi PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten)
 
65p.:pdf file.;daftar pustaka + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

VIRA DWIMADYASARI
Perorangan
Ade Irma Susanti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen Bisnis
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini