ANALISIS FAKTOR ANTESEDEN SEBAGAI PENENTU TINGKAT EMPLOYEE ENGAGEMENT PADA KARYAWAN NET (Studi Kasus Pada Divisi Produksi Tahun 2014 )

MUHAMAD ZULFIQOR

Informasi Dasar

15.04.151
658.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh AON pada tahun 2013 di kawasan Asia Pasifik termasuk Indonesia, tingkat employee engagement secara keseluruhan dan berdasarkan persepsi dari pengalaman kerja mengalami sedikit penurunan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar anteseden sebagai faktor penentu tingkat employee engagement, untuk mengetahui faktor-faktor penting dari anteseden yang mempengaruhi tingkat employee engagement, dan untuk mengetahui besarnya kontribusi masing-masing faktor tersebut dalam mempengaruhi tingkat employee engagement pada karyawan NET.

Jenis penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan teknik analisis faktor. Analisis faktor yang digunakan adalah eksploratori. Penelitian ini membahas tentang employee engagement. Variabel yang digunakan adalah karakteristik pekerjaan, dukungan organisasi dan atasan yang diterima, pengakuan dan penghargaan, keadilan prosedural dan distributif. Populasi penelitian ini adalah karyawan divisi produksi NET dengan sampel sebanyak 71 orang karyawan. Teknik pengambilan sampel pada panelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan jenis purposive sampling.

Tingkat employee engagement karyawan NET divisi produksi sebesar 77,03% skor tersebut termasuk dalam kategori engaged. Dalam penelitian ini terdapat delapan faktor yang terinterpretasi dari analisis faktor. Faktor karakteristik pekerjaan dengan kontribusi 32,686%, faktor pengakuan dengan kontribusi 10,600%, faktor dukungan organisasi dengan kontribusi 6,947%, faktor penghargaan dengan kontribusi 5,453%, faktor keadilan prosedural dengan kontribusi 5,046%, faktor keadilan distributif dengan kontribusi 4,516%, faktor keterlibatan pekerjaan dengan kontribusi 4,110%, dan faktor informasi akurat dengan kontribusi 3,597%.

Kata Kunci: Karakteristik Pekerjaan, Dukungan Organisasi dan Atasan Yang Diterima, Pengakuan dan Penghargaan, Keadilan Prosedural dan Distributif

Subjek

PERSONNEL MANAGEMENT
 

Katalog

ANALISIS FAKTOR ANTESEDEN SEBAGAI PENENTU TINGKAT EMPLOYEE ENGAGEMENT PADA KARYAWAN NET (Studi Kasus Pada Divisi Produksi Tahun 2014 )
-
100p.: pdf file.; daftar pustaka + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMAD ZULFIQOR
Perorangan
Ratri Wahyuningtyas
 

Penerbit

Universitas Telkom, Manajemen Bisnis Telekomunikasi Dan Informatika
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini