ANALISIS IMPLEMENTASI MESIN PENCAMPUR CAT WARNA BERBASIS ADAPTIVE NEURO FUZZY INFERENCE SYSTEM

MARZUQI FALADINA WIBOWO

Informasi Dasar

15.04.125
621.815
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir ini persoalan teknik kendali menjadi persoalan yang menarik untuk diteliti lebih dalam, karena banyak hal yang bisa didapat dari penelitian tentang teknik kendali dalam sebuah sistem. Salah satu metode pengontrolan yang dapat digunakan untuk menunjang kerja sistem adalah dengan menggunakan Adaptive Neuro Fuzzy Inference System. Oleh karena itulah penelitian tentang mesin pencampur zat air dengan menggunakan metode kendali ANFIS ini dilakukan. Dengan tujuan untuk membuat mesin pencampur zat cair ini bisa melakukan proses pencampuran dengan tingkat akurasi yang tinggi.

Dalam tugas akhir ini telah dirancang sebuah sistem mesin pencampur cat warna yang mampu melakukan proses pencampuran dari tiga tabung. Pada perancangan sistem, digunakanlah sensor ultrasonik sebagai pendeteksi ketinggian cairan pada tabung, motor servo sebagai penggerak keran pada masing-masing tabung, serta metode kendali ANFIS sebagai pengontrol proses buka tutup keran.

Berdasarkan hasil implementasi metode kendali ANFIS sebagai metode kendali mesin, dapat diambil analisa bahwa tingkat error yang didapatkan adalah sebesar 3,60% untuk proses satu tabung, 13,07% untuk dua tabung, dan 20,80% untuk tiga tabung. Waktu rata-rata yang diperlukan mesin untuk melakukan proses pencampuran 55,51 detik untuk satu tabung, 18,66 detik untuk dua tabung, dan 15,39 detik untuk tiga tabung.

Kata kunci: ANFIS, mesin, pencampur, cat air, sensor ultrasonik, servo.

Subjek

HARDWARE
 

Katalog

ANALISIS IMPLEMENTASI MESIN PENCAMPUR CAT WARNA BERBASIS ADAPTIVE NEURO FUZZY INFERENCE SYSTEM
 
43p.: pdf file.; daftar pustaka + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MARZUQI FALADINA WIBOWO
Perorangan
Agung Nugroho Jati, Denny Darlis
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Komputer
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini