Library Newsletter | Tel-U Open Library, August 2019

Informasi

Library Newsletter | Tel-U Open Library, August 2019

BOOK REVIEW 

Judul : Everybody Lies : Big Data dan Apa yang diungkapkan Internet tentang Siapa Kita Sesungguhnya 

Penulis : Seth Stephens-Davidowitz

Open Library Catalogue : 19.01.867

 

“When you give everyone a voice and give people power, the system usually ends up in a really good place.”
Mark Zuckerberg, CEO & Founder of Facebook

Seth Stephens-Davidowitz merupakan ahli Ekonomi yang medapatkan gelar Phd nya di Havard University, dan juga merupakan orang yang kompeten dibidang Big Data.

Dalam bukunya, “EveryBody Lies” Seth mengungkapkan bahwa anggapan kita terhadap realitas dunia yang kita lihat secara fisik ternyata adalah salah besar, buku ini memberikan gambaran bahwa kita melakukan kebohongan secara intuitif yang bahkan terkadang kita tidak menyadarinya. Seth yang memang menjadikan Big Data (Seth menjadikan Google Search sebagai instrument yang dominan) sebagai bahan disertasi untuk gelar Phd-nya. Buku ini memberikan pandangan bahwa dengan semakin berkembanganya suatu teknologi seperti Google Seacrh, jawaban riil menjadi lebih absurd dan cenderung salah ketimbang kepingan data yang didapat dari pencarian Google Seach.

Mesin pencarian Google ini dijadikan sebagai apa yang dikatakan seth “serum kebenaran digital” kerena kita secara intuitif mengungkapkan suatu kejujuran kepada Google Search ketimbang dengan individu lain. Bagaimana seorang pria yang telah menjadi bapa tanpa sadar mengetik “ I regret having a kids” atau bagaimana orang kulit putih yang melabel dirinya tidak rasis tetapi dia mencari kata “Niggers Jokes” pada mesin Pencariannya. Buku ini mengungkapkan bahwa dengan perkembangan era digital tidak menjadikan seorang individu menjadi lebih jujur terhadap dirinya, orang terdekat maupaun masyarakat, tetapi seseorang cenderung menjadi lebih jujur terhadap Google. Seth juga memberikan gambaran bahwa Big Data yang didapatkan dari internet baik itu Google, media social, maupun situs perjodohan, adalah  tambang emas yang dapat digunakan untuk mengetahui kebenaran pada masyarakat digital, yang tidak sebelumnya tidak bisa diungkap karena ketidak tersediannya teknologi informasi.

Buku ini adalah buku yang wajib dibaca bagi masyarkat yang ingin mengetahui the ugly truth dari masyarakat era teknologi, dan juga memberikan gambaran bagaiamana Big Data dapat mempengaruhi kita pada ranah yang tidak pernah terfikirkan sebelumnya.

Reviewed by : Zaky - Pustakawan Telkom University


 

BOOK RECOMMENDATION

     

18.01.819

  BUSINESS 

19.01.885

ENTREPRENEURSHIP

 

19.01.908

 WRITING

 





Tel-U Open Library Events Highlight (Agustus 2019)

Sharing Session bersama Sekolah Sahabat Keluarga - Telkom School untuk Early and Secondary Education

 

 

Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) dibantu oleh Perustakaan Telkom University OpenLibrary menyelengarakan kegiatan workshop dengan tema, “ Sharing Session Sekolah Sahabat Keluarga di Open Library Telkom University”, Bersama Dra. Mike S. Arifin, S.Psi., M.Pd. sebagai pembicara pada acara workshop ini.  Workshop ini diperuntukan bagi para guru - guru yang bernaung pada Telkom School untuk Early and Secondary Education. Acara ini diselengarakan di Gedung Open Library Telkom University tepatnya di Gedung Manterau lt 5 di ruang Mini Theate. Sebagai pusat keilmuan Nasional, Yayasan Pendidikan Telkom berkerja sama dengan Ibu Mike yang merupakan seorang kepala sekolah dari PAUD terpadu Anak Shaleh Malang, dapat membagi ilmunya dalam mengoperasionalkan sekolah PAUD yang berbasis ICT dengan baik dan bertanggung jawab. Kegiatan Sharing Session ini diharapkan dapat meningkatakan kualitas SDM dari guru – guru Telkom School, sehingga menjadikan SDM yang baik, cerdas dan selalu siap menerima tantangan.

 


 

KELAS LITERASI BULAN AGUSTUS 2019