Pengaruh Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar Telkomsel Pada Platform Social Media Instagram - Dalam bentuk buku karya ilmiah

ANANDA ASA RASYID

Informasi Dasar

24.04.564
302.23
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi jaringan telekomunikasi telah berkembang sangat pesat dalam beberapa dekade terakhir. Kini, kita berada di era revolusioner baru dengan diperkenalkannya teknologi 5G. Jaringan 5G menawarkan fitur-fitur yang jauh lebih canggih dan revolusioner. Dua kartu telepon seluler mengalami penurunan jumlah pelanggan setelah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menertibkan penggunaan kartu subscriber identity module (SIM) prabayar. Telkomsel, memiliki 196,3 juta pelanggan pada akhir 2017. Jumlahnya kemudian turun menjadi 164,69 juta pelanggan pada akhir Maret 2021. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi melalui kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan kartu prabayar Telkomsel Pada Platform Social Media Instagram.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah responden penelitian ini adalah 150 orang. Analisis menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan SEM PLS dengan bantuan software SmartPLS 3.2.9.

Berdasarkan hasil penelitian ini, variabel promosi berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan ditolak. Lalu, variabel promosi berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan diterima. Selanjutnya, variabel kepuasan pelanggan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan diterima. Kemudian, peran mediasi antara kepuasan pelanggan dan pengaruh promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan.

Saran yang dapat diberikan kepada Telkomsel adalah untuk menjaga konsistensi jangka panjang dan meningkatkan fungsionalitas produk yang ditawarkan kepada pelanggan. Hal ini harus dilakukan agar pelanggan puas dan setia terhadap kartu prabayar Telkomsel dan promosi yang dilakukan Telkomsel melewati platform Instagram masih sangat kurang. Telkomsel harus lebih memperhatikan promosi yang lebih menarik.

Kata Kunci: Industri Telekomunikasi, Instagram, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan Promosi, Telkomsel, Social Media.

Subjek

ONLINE MARKETING
SOCIAL MEDIA-MASS MEDIA,

Katalog

Pengaruh Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar Telkomsel Pada Platform Social Media Instagram - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANANDA ASA RASYID
Perorangan
Rajiv Dharma Mangruwa
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • KBI452 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini