Pengaruh Latar Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua, Pendidikan Kewirausahaan, dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus: Siswa/i SMK Negeri 1 Kota Tasikmalaya Kelas X, XI, dan XII Jurusan Pemasaran Tahun 23/24 - Dalam bentuk buku karya ilmia

MOHAMMAD ARRIFANI TAUFIQURRAHMAN

Informasi Dasar

24.04.092
658.421
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh sosial ekonomi orang tua, pendidikan kewirausahaan, dan efikasi diri terhadap minat berwirausaha Siswa/i SMK Negeri 1 Kota Tasikmalaya Kelas X, XI, dan XII Jurusan Pemasaran Tahun 23/24. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana sosial ekonomi orang tua, pendidikan kewirausahaan, dan efikasi diri terhadap minat berwirausaha, besarnya pengaruh sosial ekonomi orang tua, pendidikan kewirausahaan, dan efikasi diri secara parsial dan simultan terhadap minat berwirausaha Siswa/i SMK Negeri 1 Kota Tasikmalaya Kelas X, XI, dan XII Jurusan Pemasaran Tahun 23/24.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif-kausalitas. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode probability sampling dengan jumlah responden sebanyak 200 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, ketiga variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha siswa/i SMK Negeri 1 Kota Tasikmalaya. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung (161,062) yang lebih besar dari nilai Ftabel (2,65) dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Secara parsial, sosial ekonomi orang tua, pendidikan kewirausahaan, dan efikasi diri juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha siswa/i SMK Negeri 1 Kota Tasikmalaya. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung yang lebih besar dari nilai ttabel. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,711. Menunjukkan bahwa 71,1% variabel minat berwirausaha siswa/i SMK Negeri 1 Kota Tasikmalaya dapat dijelaskan oleh variabel sosial ekonomi orang tua, pendidikan kewirausahaan, dan efikasi diri. Sisa 28,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kesimpulan penelitian ini, Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa sosial ekonomi orang tua, pendidikan kewirausahaan, dan efikasi diri berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha siswa/i SMK Negeri 1 Kota Tasikmalaya.

Subjek

ENTREPRENEURSHIP
KEWIRAUSAHAAN,

Katalog

Pengaruh Latar Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua, Pendidikan Kewirausahaan, dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus: Siswa/i SMK Negeri 1 Kota Tasikmalaya Kelas X, XI, dan XII Jurusan Pemasaran Tahun 23/24 - Dalam bentuk buku karya ilmia
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MOHAMMAD ARRIFANI TAUFIQURRAHMAN
Perorangan
Yulia Nur Hasanah
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini