Strategi Bauran Pemasaran dalam Mendapatkan Pengiklan di Radio (Studi Kasus Strategi Bauran Pemasaran Radio Gen FM 98.7 Jakarta)

Aprianti Hidayat

Informasi Dasar

13.04.464
658.802
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi pada bidang media membuat posisi stasiun radio berada pada posisi ketiga dalam hal mendapatkan porsi iklan. Selain itu juga jumlah stasiun radio yang semakin bertambah membuat persaingan dalam meraih pendapatan iklan semakin kuat. Oleh karena itu perlunya strategi bauran pemasaran (marketing mix) sebagai langkah strategis dalam menyusun komponen terbaik pemasaran sebagai pedoman untuk mencapai tujuan dan sasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai elemen bauran pemasaran jasa radio yang dikenal dengan 7P yaitu product, place, price, promotion, proses, people dan physical evidences untuk menarik minat pengiklan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Penulis memilih kasus di Radio Gen FM 98,7 Jakarta. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan berdasarkan masing-masing elemen bauran pemasaran. Produk inti radio yaitu waktu siaran (air time). Penentuan tempat berdasarkan ketinggian pemancar yang berkaitan dengan jangkauan siaran. Penentuan harga ruang iklan menggunakan tiga metode dan menggunakan strategi dengan limited space. Promosi yang utama dilakukan kepada pengiklan menggunakan elemen personal selling, karena diperlukan komunikasi tatap muka antara pengiklan dan marketer. Proses pemesanan ruang iklan melalui tim Penjualan, namun tidak menutup kemungkinan melalui tim Marketing dan Public Relation. Proses pemesanan ruang iklan hingga tayang yaitu melakukan pemesanan melalui tim Penjualan, mengisi form order iklan, kemudian tim Penjualan melakukan pengecekan waktu dan jadwal yang tersedia kepada tim Traffic. Setelah disetujui oleh pengiklan, iklan dapat ditayangkan. Karena bergerak dibidang jasa, maka diperlukan bukti fisik. Bukti fisik yaitu kantor dan fasilitas yang mendukung kegiatan dari pemasaran jasa. Kata kunci: Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix), Pengiklan, dan Radio

Subjek

MARKETING MIX-STRATEGY
MARKETING STRATEGY, ADVERTISER, ADVERTISING IN RADIO

Katalog

Strategi Bauran Pemasaran dalam Mendapatkan Pengiklan di Radio (Studi Kasus Strategi Bauran Pemasaran Radio Gen FM 98.7 Jakarta)
 
xvi, 215p.: il.; 21,5 cm+lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Aprianti Hidayat
Perorangan
Reni Nuraeni ; REFI RIFALDI WINDYA GIRI
 

Penerbit

[ Library & Knowledge Center ] Institut Manajemen TELKOM, Ilmu Komunikasi
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini