Pengukuran Software Quality Assurance (Reliability) Web 3.0 Dengan menggunakan Evaluasi Cognitive Walkthrough (Studi Kasus i-Gracias Pada Aplikasi Registrasi Mahasiswa)

Tito Supangkat

Informasi Dasar

113090120
005.12
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Web 3.0 adalah sekumpulan teknologi yang menawarkan cara baru yang efisien dalam membantu komputer mengorganisir dan menarik kesimpulan dari data online. Konten Web ditampilkan tidak hanya dalam format bahasa manusia yang umum (natural language), tetapi juga dalam format yang dapat dibaca dan digunakan oleh mesin (software). Melalui Semantic Web inilah, berbagai perangkat lunak akan mampu mencari, membagi, dan mengintegrasikan informasi dengan cara yang lebih mudah. Dengan demikian, unsur kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) merupakan bagian penting pada Web 3.0 / Semantic Web, sehingga Web menjadi semakin cerdas. Untuk mendukung kemampuan yang dimiliki web 3.0 itu, diperlukan pengukuran kualitas yang dimiliki oleh web 3.0. Untuk mencapai tujuan tersebut software quality assurance (jaminan kualitas perangkat lunak) menetapkan faktor- faktor yang harus diperhatikan dalam membangun suatu perangkat lunak dengan kualitas yang baik. Peneliti melakukan analisa terhadap Web i-Gracias yang sudah mendukung pada generasi web 3.0 dan akan menghasilkan rekomendasi untuk perbaikan web tersebut. Peneliti memilih Website i-Gracias karena merupakan website resmi akademik milik Intitut Teknologi Telkom. Untuk proses evaluasinya, peneliti menggunakan evaluasi cognitive walkthrough. Dengan menggunkan kuisoner, teknik evaluasi ini akan diaplikasikan. Terdapat beberapa hal penting perlu dianalisa yaitu Interface, Accesbility, Design, dan Usability. Dengan didapatnya suatu fungsi regresi dari hasil kuisioner yang telah disimpulkan dengan tools SPSS Statistic 20, maka akan dapat disimpulkan beberapa rekomendasi yang layak dikeluarkan untuk membangun Web I-Gracias dengan baik. semantic web, I-Gracias, reliability, evaluasi cognitive walkthrough, quisoner, SPSS Statistic 20.

Subjek

SOFTWARE
 

Katalog

Pengukuran Software Quality Assurance (Reliability) Web 3.0 Dengan menggunakan Evaluasi Cognitive Walkthrough (Studi Kasus i-Gracias Pada Aplikasi Registrasi Mahasiswa)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Tito Supangkat
Perorangan
YANUAR FIRDAUS, ST.,MT.; HETTI HIDAYATI, S.KOM.,MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini