PENENTUAN ALOKASI TEMPAT PENYIMPANAN PRODUK KATEGORI DRY FOOD UNTUK PERBAIKAN AKTIVITAS PENYIMPANAN PRODUK DI PT. XYZ WHOLESALE BANDUNG DENGAN PENDEKATAN LEAN WAREHOUSING

DINA HANIFARAH

Informasi Dasar

112090081
658.72
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. XYZ Wholesale merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa perdagangan dengan sistem penjualan partai besar atau perkulakan. Terdapat dua tipe pelanggan pada perusahaan tersebut, yaitu end customers dan customers professional. Banyaknya permintaan terhadap produk yang dijual di PT. XYZ Wholesale mengakibatkan perusahaan sering mengalami kelebihan kapasitas gudang yang menyebabkan tidak sesuainya alokasi penempatan produk yang dijual, serta menghambat aktivitas yang terjadi di gudang yang termasuk ke dalam proses inbound dan outbound.
Langkah awal yang dilakukan adalah memetakan seluruh aliran informasi dan material yang terjadi pada proses di gudang (floor) PT. XYZ Wholesale dengan Current State Design, kemudian mengidentifikasi pemborosan (waste) berdasarkan kriteria 8 waste dengan menggunakan checklist. Berdasarkan checklist diperoleh jenis pemborosan yang terjadi dan dicari akar penyebab masalah menggunakan fishbone diagram.
Usulan perbaikan menggunakan pendekatan Lean dengan penerapanLean tools yang sesuai, berupa Warehouse Slotting, Warehouse Manangement System (WMS), Visual Control, Key Performance Indicator (KPI), dan Work Standarization. Dari hasil future state map perancangan usulan, maka dapat disimpulkan bahwa tingkat pemborosan yang terjadi menurun untuk kedua tipe customers. Total waktu proses inbound dan outbound untuk end customersberkurang sebesar 19,36% dari waktu proses eksisting sebesar 4192,69 detik dengan nilai value added time menjadi 54,40%. Sedangkan untuk customer professional, dari total keseluruhan proses sebesar 4602,63 detik berkurang sebesar 22,84% menjadi 3551,33 detik dengan value added time sebesar 61,36%.
Lean, Warehousing, Lean Warehousing, Value Stream Mapping, Fishbone Diagram, Lean Tools

Subjek

SUPPLY CHAIN MANAGEMENT
 

Katalog

PENENTUAN ALOKASI TEMPAT PENYIMPANAN PRODUK KATEGORI DRY FOOD UNTUK PERBAIKAN AKTIVITAS PENYIMPANAN PRODUK DI PT. XYZ WHOLESALE BANDUNG DENGAN PENDEKATAN LEAN WAREHOUSING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DINA HANIFARAH
Perorangan
Dr. Dida Diah Damayanti, Ir., MEng; Budi Santosa, ST
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini