Komunikasi Pembelajaran : Interaksi Komunikatif dan Edukatif di Dalam Kelas

Yosal Iriantara

Informasi Dasar

15.01.239
302.2
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)
6b

Komunikasi merupakan jantung proses pembelajaran. Sulit membayangkan proses pembelajaran yang berlangsung tanpa adanya komunikasi di antara mereka yang terlibat di dalamnya. Dalam proses pembelajaran, berlangsung semua level atau bentuk komunikasi, yaitu komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, komunikasi publik, dan komunikasi bermedia.

"Guru efektif adalah komunikator yang efektif".Demikian dinyatakan oleh para pakar komunikasi pembelajaran. Dalam pandangan para pakar komunikasi pembelajaran, komunikasi efektif itu akan berkaitan dengan pemahaman terhadap konsep komunikasi, juga dengan teknik atau keterampilan berkomunikasi.

Kemampuan berkomunikasi merupakan satu prasyarat untuk menjadi guru profesional. Dalam standar kompetensi bagi pendidik di Indonesia ditegaskan bahwa salah satu kompetensi yang harus dimiliki guru adalah kompetensi komunikasi. Karena itu, komunikasi pembelajaran menjadi hal penting yang harus dipelajari oleh para pendidik.

Buku ini membahas berbagai prinsip komunikasi pembelajaran mulai dari komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, komunikasi publik sampai dengan komunikasi bermedia. Para pendidik dapat menggunakan prinsip-prinsip komunikasi tersebut dalam menjalankan tugas profesionalnya dan menyesuaikannya dengan konteks institusi pendidikan tempatnya mengabdi.

Buku ini akan sangat bermanfaat bagi para pendidik yang ingin meningkatkan kemampuan profesionalnya dengan menjadi komunikator yang baik. Juga bagi para mahasiswa keguruan dan ilmu pendidikan yang tengah mempersiapkan diri menjadi pendidik serta mahasiswa komunikasi yang ingin mendalami proses dan kegiatan komunikasi dalam pembelajaran.

Subjek

COMMUNICATION
 

Katalog

Komunikasi Pembelajaran : Interaksi Komunikatif dan Edukatif di Dalam Kelas
978-602-7973-10-7
x, 242p.: il.; 23cm.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

Yosal Iriantara
Perorangan
Rema Karyanti
 

Penerbit

Simbiosa Rekatama Media
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

  • SK111013 - PENGANTAR ILMU KOMUNIKASI
  • SK111023 - MANAJEMEN KOMUNIKASI
  • SK211043 - MANAJEMEN KOMUNIKASI
  • COH1B3 - PENGANTAR ILMU KOMUNIKASI
  • COH1H3 - MANAJEMEN KOMUNIKASI
  • COH1H3 - MANAJEMEN KOMUNIKASI
  • COH1B3 - PENGANTAR ILMU KOMUNIKASI
  • KII1C3 - PENGANTAR ILMU KOMUNIKASI
  • KII2E3 - MANAJEMEN KOMUNIKASI
  • KHI1C3 - PENGANTAR ILMU KOMUNIKASI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini