APLIKASI PENJUALAN DAN PEMESANAN PADA PERUSAHAAN MIE SOUN MAWAR BIRU MANJUNG – KLATEN

Kristiana Dewi

Informasi Dasar

613070031
005.1
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Desa Manjung merupakan salah satu desa di kota Klaten, Jawa Tengah yang terkenal dengan mie soun, bahkan hampir seluruh kawasan desa Manjung merupakan tempat pembuatan mie soun. Perusahaan Mie Soun Mawar Biru merupakan salah satu perusahaan di desa Manjung yang dimiliki oleh Sutrisno dan berdiri sekitar tahun 1999.

Setiap warga atau pengunjung bisa melihat proses pembuatan mie soun. Ketika ada yang membeli langsung atau memesan dalam jumlah yang besar, akan dilayani oleh kasir dengan memberikan nota pembayaran yang ditulis tangan. Di mana nantinya salinan nota tersebut akan dikumpulkan dan diakumulasikan untuk menghitung hasil penjualan setiap hari, yang kemudian akan diakumulasikan kembali untuk menghitung hasil penjualan setiap bulannya.

Dengan berdasarkan penjelasan di atas, telah dibangun sebuah aplikasi penjualan, yang tidak sekadar menangani penjualan saja namun juga menangani pemesanan mie soun, pendataan hasil produksi mie soun dan pembeli atau pemesan setiap harinya, serta pembuatan laporan hasil penjualan dengan periode hari dan bulan.

Aplikasi dibuat berdasarkan analisis dan desain dengan model proses waterfall. Metode pengembangan perangkat lunak menggunakan pemrograman berorientasi objek. Teknik Java Server Page (JSP) yang akan digunakan dalam pemrogramannya dan MySQL akan digunakan sebagai pengolah basis data.

Kata Kunci : perusahaan mie soun, aplikasi penjualan dan pemesanan, JSP, MySQL, waterfallABSTRACT: Manjung is one of the villages in Klaten, Central Java, wellknown for soun noodles, almost the entire village areas become soun noodles production sites. Mawar Biru Soun Noodles Company is one of the companies in Manjung owned by Sutrisno and established on 1999.

Every citizen or visitors can see the process of making soun noodles. When there is a direct purchase or order in large quantities, the cashier will serve them and give a nota of their payments. The copies of the nota will be collected and accumulated to calculate the daily sales, and also reaccumulated to calculate the monthly sales.

Based on the explanation above, the writer has built a sales application, which does not only handle the sales, but also handles the soun noodles reservations, collects the production and customers of soun noodles every day, and makes the daily and monthly reports.

Applications are made based on the analysis and design with a waterfall process model. Software development method is object-oriented programming. Java Server Page (JSP) technique is used in programming and MySQL is used as a database processor.

Keyword: soun noodles company, sales and reservations application, JSP, MySQL, waterfall.

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

APLIKASI PENJUALAN DAN PEMESANAN PADA PERUSAHAAN MIE SOUN MAWAR BIRU MANJUNG – KLATEN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Kristiana Dewi
Perorangan
Hetti Hidayati, Dahliar Ananda
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini