Aplikasi Penentuan Rute Untuk Jalanan di Kawasan Bandung Kota

CRISTIAN ALFONSO SIALLAGAN

Informasi Dasar

613050057
005.1
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Kota Bandung merupakan salah satu kota besar di Indonesia dengan perkembangan yang cukup pesat. Ditambah jaraknya yang tidak begitu jauh dari Jakarta membuat kota Bandung sering dikunjungi oleh warga ibukota terutama pada akhir pekan. Hal ini mendorong diperlukannya suatu alat yang dapat membantu warga pendatang dalam mencari lokasi – lokasi yang hendak dituju serta mencari jalan terpendek yang ditempuh guna menuju lokasi tersebut. Salah satu alat untuk menampilkan peta serta penunjuk jalan yang sudah diimplementasikan dalam bentuk program komputer dinamakan sistem informasi geografis (SIG).
Aplikasi yang dibangun pada proyek akhir ini bertujuan untuk mencari jalur terpendek antara suatu lokasi ke lokasi lain yang sudah terdefenisi didalam aplikasi. Penentuan lokasi asal dan lokasi tujuan itu sendiri dilakukan oleh user. Parameter yang digunakan dalam menentukan jalur terpendek ialah jarak tempuh. Aplikasi ini telah diimplementasikan sebagai sebuah aplikasi yang bersifat web application. Keuntungan dari aplikasi berbasis web ini ialah dapat digunakan oleh banyak user dengan cukup meng-install program web browser pada setiap komputer yang akan digunakan. Pembangunan aplikasi SIG ini menggunakan beberapa tools yang diintegrasikan bersama. Untuk membuat dan mengolah data spasial beserta data atributnya menggunakan perangkat lunak Mapinfo Professional 8.0. Untuk merancang antarmuka dan menampilkan visualisasi peta beserta jalur terpendek digunakan perangkat lunak Visual Studio .NET 2003 yang di dalamnya sudah diinstal perangkat lunak MapXtreme 2004.
Hasil akhir dari aplikasi yang dibangun ini ialah sebuah aplikasi yang menampilkan peta kota Bandung dalam format digital dan dapat diakses dalam bentuk web. Aplikasi SIG ini memiliki fungsionalitas utama yaitu mencari jalur terpendek antara 2 titik (node) yang diinputkan sendiri oleh pengguna (user). Jalur terpendek tersebut akan ditampilkan dalam bentuk bersamaan dengan jalur alternatif yang dapat dilalui dari node awal ke node akhir yang diinputkan sendiri oleh user. Jalur yang memiliki bobot atau panjang terkecil merupakan jalur terpendek. Aplikasi SIG yang dibangun ini sendiri pada implementasinya dapat diakses dari komputer (PC) lain yang terhubung pada suatu jaringan yang sama.
Kata Kunci : sistem informasi geografis, rute, MapInfo.ABSTRACT: Bandung is one of big city with high-rate of development of city in Indonesia. It just takes 2 hours from Jakarta makes this city often visited by people around Jakarta especially in the weekend. This condition causes the need of a tool that can help people to search the location they want to go and help them by inform the shortest path they can pass to get the place they want to go. Tool which have function to view the map of a city include the direction of its street which is implemented in a computer program is called Geographic Information System (GIS).

In this final project, a Geographic Information System was developed to find the shortest path which can be passed from the start of location to the destination place which has been mentioned before in this application. The starting point and the destination place are selected by user. The parameter which is used to find the shortest path in this application is the distance from the start place to the destination place. This geographic information system has been implemented as a web application. The advantage of a web application is its ability to be used by many users in the same time just by installing a web browser in their computer. The development of this geographic information system used some tools which were integrated together. To create and design the spatial data and attribute data using Mapinfo Professional 8.0 software. To design the interface and to develop the program by implementing the shortest path algorithm is using Visual Studio .Net 2003 include the MapXtreme 2004 software which has been installed.
Final result of this application is an application which display the map of Bandung city in digital format and can be accessed by using web application. The main function of this GIS application is to find the shortest path between two nodes which input by user. The shortest path will be displayed as a visualisation in the thematic map.
Keyword: geographic information system, shortest path, MapInfo.

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

Aplikasi Penentuan Rute Untuk Jalanan di Kawasan Bandung Kota
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CRISTIAN ALFONSO SIALLAGAN
Perorangan
Yanuar Firdaus A.W., Angelina Prima Kurniati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini