Perancangan dan realisasi alat penggulung lilitan trafo otomatis berbasis mikrokontroler

Helda Meriyam Kahar

Informasi Dasar

611090063
621.381
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Dalam kegiatan melilit kawat pada sebuah transformator, masih sering kita jumpai teknik yang dilakukan yaitu dengan melilitkan kawat secara merata syaf demi syaf dengan sistem manual yang menggunakan tangan manusia yang kita kenal dengan alat penggulung trafo manual. Alat penggulung manual ini sangat diperlukan ketelitian jumlah lilitan yang akan digulung. Maka dari itu diperlukan suatu alat yang dapat mempermudah pembuatan lilitan tersebut.

Dalam proyek akhir ini telah direalisasikan alat penggulung lilitan kawat trafo otomatis yang dapat mempermudah dalam pembuatan lilitan yang dikhususkan untuk pembuatan lilitan trafo. Prinsip kerja alat ini adalah melakukan penggulungan kawat secara otomatis sesuai tegangan yang dipilih oleh pengguna pada menu yang ditampilkan di LCD menggunakan keypad. Setelah tegangan terpilih maka data akan dikirim dan diolah mikrokontroller yang kemudian hasilnya akan menggerakkan motor dan jumlah setiap lilitan akan ditampilkan di LCD. Alat penggulung ini menggunakan 3 buah motor stepper unipolar sebagai penggeser penjepit kawat dan sebagai penggulung kawat, mikrokontroller ATMEGA 8535 untuk mengolah data tegangan yang dimasukkan pengguna, Sensor limit switch sebagai sensor batas pada motor stepper, keypad untuk memasukkan tegangan yang diinginkan, dan LCD untuk menampilkan proses dan hasil akhir dari penggulungan.

Alat penggulung lilitan kawat trafo secara otomatis ini dapat menghasilkan gulungan kawat trafo dengan persentase rata-rata keberhasilan 99.04% dan mempermudah pengguna dalam penggunaan serta dapat menggantikan sistem manual yang masih digunakanKata Kunci : Penggulung lilitan kawat trafo, Motor stepper, keypad, LCD, Mikrokontroller ATMEGA 8535ABSTRACT: In this activity on a wire wrapped around the transformer, we still often find a technique that is performed by wrapping the wire evenly line by line with the manual system using human hands that we are familiar with the manual roller transformer. This manual roller is required accuracy in the number of coil windings which will be rolled. Therefore we need a tool that can facilitate the making of the coil.

In this final project has been realized automatic wire transformer roller that can facilitate in making winding. this is devoted to the manufacture of transformer. The working principle of this device is done automatically according to the wire windings voltage selected by user using the keypad in the menu that displayed on the LCD. Once the voltage is selected then the data is sent and processed in the microcontroller which then results will drive the motor and the amount of each coil will be displayed on the LCD. This roller uses 3 unipolar stepper motors as a slider and a wire clamp wire rollers, ATMega 8535 microcontroller to process the voltage data that entered by the user, limit switch sensor as limit sensor on stepper motors, keypad to enter the desired voltage, and LCD to display process and the end result of scrolling.

Automatic wire transformer roller is can produce wire coil transformer with an average success percentage of 99.04% and simplify the user in the use and can replace manual systems are still in use.Keyword: Wire transformer roller, stepper motors, keypad, LCD, Microcontroller ATMEGA 8535

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

Perancangan dan realisasi alat penggulung lilitan trafo otomatis berbasis mikrokontroler
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Helda Meriyam Kahar
Perorangan
Ekki Kurniawan, Denny Darlis
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini