PERANCANGAN DAN REALISASI ALAT PENDETEKSI TEKANAN DAN KEBOCORAN GAS LPG BERBASIS MIKROKONTROLER AVR ATMEGA8535

RIBUT WYLLI SUSMONO

Informasi Dasar

611071023
621.381
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: LPG (Liquefied Petroleum Gas) merupakan gas yang komponen penyusun utamanya adalah gas Propane (C3H8) dan butane (C4H10) yang dicairkan. Pada suhu kamar, LPG akan berbentuk gas. Sedang pada pemanfaatannya, seperti pada rumah tangga atau industri, LPG akan diubah dalam bentuk cair, dengan cara ditekan (4-5 kg/cm2). LPG jenis ini biasa di simpan dalam tabung atau tangki khusus bertekanan. Pengubahan gas LPG ke dalam bentuk cair dengan cara ini, diharapkan akan memudahkan dalam hal pendistribusian maupun pemanfaatannya. Namun, pada umumnya pemanfaatan tabung gas LPG bertekanan ini sering menimbulkan beberapa masalah, seperti terjadi kebocoran gas yang disebabkan oleh tabung atau pemasangan alat regulator tabung yang kurang benar. Sehingga dalam Proyek Akhir kali ini akan dirancang dan direalisasikan suatu alat yang digunakan untuk mendeteksi tekanan dan kebocoran LPG pada tabung bertekanan.
Dalam proyek akhir ini direalisasikan alat pendeteksi tekanan dan kebocaran LPG, alat ini dibuat dengan menggunakan sensor tekanan berupa resistor variabel geser untuk mendeteksi tekanan gas dalam tabung, sensor suhu untuk dapat mengetahui suhu udara di sekitar tabung dan sensor gas LPG jenis TGS2610 untuk mendeteksi ada atau tidaknya kebocoran tabung gas. Sedangkan untuk mengolah algoritma digunakan mikrokontroler AVR ATMEGA8535, dan hasilnya akan ditampilkan pada LCD.
Alat ini dapat digunakan untuk mengetahui level tekanan gas yang ada dalam tabung, memberikan indikator suhu udara di sekitar tabung berupa LED warna merah dan hijau dan mengetahui sedini mungkin jika terjadi kebocoran gas. Sehingga pemanfaatan tabung gas LPG bertekanan pun akan semakin aman dan nyaman.Kata Kunci : Mikrokontroller, tekanan, LPG, LCD, suhu.ABSTRACT: The main component of LPG ( Liquefield Petroleum Gas) consist of Propane (C3H8) and Butane gas (C4H10) which melted. At room temperature, LPG will be shaped gas. While the utilization, as in households or industry, LPG will be modified in liquid form, by suppressed (kg/cm2 4-5). This type of LPG usually used or stored in a special tank pressurized tube. Conversion of LPG gas into liquid form in this way, it is hoped will facilitate the distribution and utilization. However, in general use pressurized LPG gas tank are often poses several problems, such as difficulty of detecting when a gas leak caused by a tube or tube installation tool unselective regulator. So in this final project will be designed and implemented a tool used to detect the pressure and leakage of LPG in the pressure tube.
In this final project is realized of LPG pressure and leakage detector, the tool is made by using pressure sensor to detect the gas pressure in the tank, a temperature sensor to be able to know the temperature of air around the tank and TGS2610 as a LPG gas sensor to detect of leakage the gas tank. While to algorithms process used ATMEGA8535 AVR microcontroller, and the results will be displayed on the LCD.
This tool can be used to determine the existing level of gas pressure in the tank, knowing the air temperature around the tank by indicator red and green LED and find out as early as possible in case of gas leakage. So that the use of pressurized gas tube of LPG will continue to be safe and comfortable.Keyword: Microcontroller, pressure, LPG, LCD, temperature.

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

PERANCANGAN DAN REALISASI ALAT PENDETEKSI TEKANAN DAN KEBOCORAN GAS LPG BERBASIS MIKROKONTROLER AVR ATMEGA8535
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIBUT WYLLI SUSMONO
Perorangan
Achmad Rizal, Junartho Halomoan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini