APLIKASI SISTEM PEMETAAN AREA PERTANIAN SECARA ONLINE BERDASARKAN JENIS TANAMAN

DWI NUR FATIYAH

Informasi Dasar

611070011
629.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Aplikasi sistem pemetaaan area pertanian ini dibuat berdasarkan permasalahan mengenai harga jual yang rendah. Salah satu faktor yang menyebabkan harga jual yang rendah adalah adanya jenis komoditi tertentu dengan jumlah yang tidak sebanding dengan kapasitas pasar pada waktu yang sama. Sehingga harga untuk komoditi tersebut akan lebih murah. Padahal dengan membuat suatu perencanaan pertanian yang dapat memprediksi jumlah hasil komoditi yang dihasilkan dapat mengurangi dampak harga jual yang rendah.

Dalam proyek akhir ini dibuat suatu aplikasi web pemetaan area pertanian secara online berdasarkan jenis tanaman. Web ini dapat menampilkan gambar persebaran jenis tanaman yang akan ditanam oleh petani di kawasan Pangalengan berdasarkan jenis tanaman yang ditanam. Untuk membangun sistem ini digunakan alat bantu Coreldraw dan Adobe Firework CS3 untuk pengolahan peta dan menggunakan XAMPP yang merupakan bundle Apache Server dan MySQL untuk membangun sistem data base yang akan digunakan. Sehingga pengguna dapat mengisi jenis tanaman yang akan ditanam sesuai daerah yang dimiliknya.

Hasil akhir dari pembuatan web sistem pemetaan area peranian berdasarkan jenis tanaman ini adalah untuk menghasilkan suatu aplikasi yang dapat digunakan untuk memprediksi jumlah komoditi yang dihasilkan dan membandingkannya dengan kapasitas pasar yang tersedia untuk jenis produk pertanian tertentu. Dengan demikian dapat mengurangi faktor yang mempengaruhi rendahnya harga jual komoditi tertentu.Kata Kunci : Web, Peta, Kapasitas Pasar, PHP-MySQLABSTRACT: This application of agricultural mapping area system based on a problem concerning the low selling price. One of the factors that causing the low selling price is the existence of certain commodities and the amount is not comparable with the market capacity at the same time. So prices for these commodities will be cheaper. Yet by creating a plan that can predict the number of agricultural commodities can reduce the impact of lower selling prices.

In this final project was created a web online mapping application of agricultural areas based on the type of plants. This web can display a picture of the main crop spreading, it will be planted by farmers in the region Pangalengan based on the type of plants. To build this system is used many tools such as Coreldraw and Adobe Firework CS3 for processing the map and use xampp to build a data base system by using PHP scripts and Java Script. So that users can fill in the main crop that they will be planted according their region.

The end result of making the area Agriculture web mapping system based on the type of plant is to produce an application that can be used to predict the number of commodities produced and compare them with the available market capacity for certain types of agricultural products. Thus it can be decreased the factors that can be affected the low selling price of certain commodities.Keyword: Web, Map, Market Capacity, PHP - MySQL

Subjek

Otomation
 

Katalog

APLIKASI SISTEM PEMETAAN AREA PERTANIAN SECARA ONLINE BERDASARKAN JENIS TANAMAN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DWI NUR FATIYAH
Perorangan
Asep Mulyana, Sholekan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini