PERAMCANAGAN SISTEM INFORMASI PEMETEAAN BTS BERBASIS WEB MENGGUNAKAN MAPSERVER

WAHYU KRISNA MUKTI

Informasi Dasar

611040067
629.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Sistem Informasi Geografis merupakan suatu sistem yang digunakan sebagai media penampil keadaan topografi suatu wilayah. MapServer merupakan aplikasi freeware dan open source untuk dapat menampilkan Sistem Informasi Geografis di web. MapServer juga dilengkapi dengan berbagai modul tambahan (optional) yang mempermudah untuk membangun dan mengadministrasi sistem WebGIS antara lain: MapLab, Chameleon, dan lain-lain. MapLab digunakan untuk mempermudah membuat file konfigurasi MapServer (.map) pada aplikasi WebGIS yang dikembangkan. Sedang Chameleon adalah framework yang menyediakan berbagai class dan method yang mempermudah membangun interface aplikasi WebGIS yang dikembangkan, seperti menambahkan fitur zoom, pan, dsb.
Pada proyek akhir ini akan dirancang suatu sistem informasi berbasis WebGIS dengan menggunakan MapServer. Aplikasi yang dirancang yaitu menampilkan keadaan beberapa BTS dengan interface web antara server dengan client. Dalam aplikasi ini, disediakan fungsi control, administratif, dan fungsi manajerial yang dibutuhkan untuk pemetaan BTS. Komunikasi antar client dihubungkan lewat jaringan PC.
Hasil yang diharapkan dari pembuatan sistem informasi ini yaitu untuk menerapkan teknologi Sistem Informasi Geografis dengan memanfaatkan interface web sehingga pengawasan untuk keadaan seperti kerusakan BTS, update jangkauan sinyal, pemetaan BTS terbaru akan lebih mudah untuk dilaksanakan.
Kata Kunci : -ABSTRACT: Geographic Information System is a system that used as a topographic viewer for some area. MapServer is a freeware dan open source application to present Geographic Information System on the web. MapServer also equipped with additional module (optional) to easily build and manage webGIS system such as: MapLab, Chameleon, etc. MapLab utilized to make configuration file mapserver (
.map) more easy at the WebGIS application that developed. Meanwhile, Chameleon is a framework that has many class and method to build interface for WebGIS application that developed more easily, like add some zoom features, pan, etc.
On this final project, will built an information system based WebGIS using MapServer. The designed application is to display condition some BTS with web interface between server and client. These applications have been offered some control function, administrative and managerial function needed for BTS mapping. Communication between clients connected through PC network.
The result from making this information system is to implement Geographic Information System technology using web interface so supervision for BTS decay, updating signal spread, mapping new BTS more easy to perform.
Keyword: -

Subjek

Otomation
 

Katalog

PERAMCANAGAN SISTEM INFORMASI PEMETEAAN BTS BERBASIS WEB MENGGUNAKAN MAPSERVER
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WAHYU KRISNA MUKTI
Perorangan
Efri Suhartono, Asep Mulyana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini