Desain dan Implementasi Pengurangan Noise pada Sinyal Ucapan Manusia Menggunakan Metode Spectral Subtraction

Asri Anggraini Wulandari

Informasi Dasar

113088085
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Noise adalah sinyal tidak dikehendaki yang secara alamiah terdapat pada semua jenis sistem. Noise dapat berupa suara yang acak atau white noise dengan atau tanpa coherent noise yang disebabkan oleh mekanisme media perekam atau algoritma pemrosesan. Pada media perekam elektronik, banyak bentuk noise adalah desis yang disebabkan oleh elektron acak yang ditimbulkan oleh panas, menyimpang dari tujuannya. Elektron liar ini mempengaruhi tegangan dari sinyal keluaran, hal ini menyebabkan timbulnya noise. Noise yang mungkin terjadi pada sistem audio adalah noise akustik, noise audio dan noise elektrik.
Pada speech recognition, noise dapat digolongkan menjadi dua jenis, yaitu additive noise dan convolutional noise. Additive noise adalah noise yang diakibatkan karena suara-suara tambahan pada background pembicara atau speaker, sedangkan convolutional noise adalah noise yang timbul karena distorsi channel pada media.
Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengurangi noise adalah metode spectral subtraction. Spectral subtraction menggunakan derajat spektral pada suara ber-noise dan memperkirakan sinyal noise-nya. Sebagian besar metode spectral subtraction menggunakan voice activity detector (VAD) untuk menentukan kapan suara itu adalah suara yang sunyi (diam), untuk mendapatkan perkiraan akurasi noise. Sebagai parameter pengukuran performansi digunakan SNR(signal-to-noise ration), energi, dan MOS (mean opinion score).Kata Kunci : noise, noise reduction, spectral subtraction, VAD, SNR, MOSABSTRACT: Noise is unwanted signals that are naturally present in all types of systems. Noise can be random noise or white noise with or without coherent noise caused by the mechanism or the recording media processing algorithms. In the electronic recording devices, a major form of noise is hiss caused by random electrons that, heavily influenced by heat, stray from their designated path. These stray electrons influence the voltage of the output signal and thus create detectable noise. Noise that may occur in the audio system is the acoustic noise, audio noise and electrical noise.
In speech recognition, noise can be classified into two types, namely additive noise and convolutional noise. Additive noise is noise resulting from the additional noise in the background speakers, while the convolutional noise is the noise that arises due to the distortion channel on the media.
One method that can be used to reduce noise is spectral subtraction method. Spectral subtraction using spectral degrees of sound to estimate the noise and its noise signal. Most of the spectral subtraction method using a voice activity detector (VAD) to determine when that voice is the voice that was quiet (silent), to obtain accurate estimates noise. As performance measure using SNR (signal-to-noise ratio), energy and MOS (mean opinion score).Keyword: noise, noise reduction, spectral subtraction, VAD, SNR, MOS

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Desain dan Implementasi Pengurangan Noise pada Sinyal Ucapan Manusia Menggunakan Metode Spectral Subtraction
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Asri Anggraini Wulandari
Perorangan
Suyanto, Retno Novi Dayawati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini