Analisis & Implementasi Integrasi Algoritma Genetika & Tabu Search (Studi Kasus Flow Shop)

Muhammad Arif

Informasi Dasar

113080116
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Algoritma genetika merupakan algoritma yang pertama kali dihadirkan oleh John Holland, dimana algoritma ini terinspirasi oleh teori evolusi yang dicetuskan oleh Charles Darwin. Algoritma genetika merupakan algoritma yang sangat cocok dalam menyelesaikan masalah yang bersifat optimasi. Sayangnya, algoritma genetika mempunyai kelemahan yaitu kovergensi yang prematur, suatu kondisi pada saat populasi pada algoritma genetika mencapai suatu keadaan di mana sebagían besar operatoroperator genetìk tìdak lagi menghasilkan keturunan yang darì parent nya

Tabu search merupakan salah satu metode pemecahan permasalahan optimasi kombinatorial yang tergabung ke dalam local search methods. Metode ini bertujuan untuk mengefektifkan proses pencarian solusi terbaik dari suatu permasalahan optimasi kombinatorial yang berskala besar (bersifat np-hard).

Oleh karena itu, algoritma genetika akan diintegrasikan dengan tabu search sebagai local search untuk menutupi kekurangannya. Untuk permasalahan yang diambil mencari makespan minimum flow shop, yaitu jenis penjadwalan produksi yang mempunyai pola aliran proses dari urutan tertentu yang sama.

Kata Kunci : algoritma genetika,tabu search,flow shopABSTRACT: Genetic Algorithm’s was introduced by john Holland, which it’s inspired from Darwin evolution theory. Genetic Algorithm’s usually to solve optimization problem. Unfortunately, Genetic algorithm’s encounter premature convergence sometimes, a condition that all of operator in genetic algorithm doesn’t operate well in generate offspring from their parent.

Tabu search is one of method to solve combinatorial optimization problem which included in local search methods. The purpose of this method is to search best solution effectively from large scale of combinatorial optimization problem.

So, genetic algorithm will be combined by tabu search to prevent premature convergence and will be used in flow shop problem, types of production scheduling which has same specific sequence. Flow shop problem will be used in this area is finding minimum makespan.

Keyword: genetic algorithm,tabu search,flow shop

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Analisis & Implementasi Integrasi Algoritma Genetika & Tabu Search (Studi Kasus Flow Shop)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Muhammad Arif
Perorangan
Suyanto, Bedy Purnama
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini