Analisis dan Implementasi Pengenalan Huruf Arab Menggunakan Modified Direction Feature Extraction dan Learning Vector Quantization

Muhammad Amrul Ummami

Informasi Dasar

113051018
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Sistem pengenalan pola saat ini sudah berkembang dan banyak dimanfaatkan . Salah satu dari pengenalan pola yang umum dikenal orang adalah pengenalan tulisan. Huruf Arab merupakan huruf yang wajib dipelajari oleh umat muslim, serta memiliki kemiripan pola pada beberapa karakter sehingga menyebabkan pengenalan pola terhadap huruf Arab memiliki tingkat kesulitan yang tinggi.
Dengan permasalahan tersebut dibangun sistem pengenalan pola yang memiliki kemampuan untuk yang mengenali huruf Arab yang ditulis tangan dengan output berupa pembacaan huruf yang benar dengan menggunakan kombinasi metode Modified Direction Feature (MDF) dan Learning Vector Quantization (LVQ), menganalisis tingkat akurasi dari pengenalan huruf Arab, menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap tingkat akurasi dari pengenalan huruf Arab menggunakan MDF dan LVQ.
Teknik MDF merupakan teknik yang mengambil vektor ciri dari segala arah dan menggabungkannya sehingga terbentuk vektor ciri yang spesifik. Dari vektor ciri yang diambil dari segala arah tersebut dapat diperlihatkan keunikan yang dimiliki oleh huruf Arab untuk inputan LVQ yang mengklasifikasikan pola yang masing-masing unit keluaran mewakili kategori atau kelas tertentu sehingga hasil yang didapatkan menjadi maksimal.
Sistem pengenalan pola huruf Arab dengan menggunakan MDF dan LVQ menghasilkan kesimpulan bahwa teknik MDF dan LVQ dapat digunakan dalam mengekstraksikan pola dan mengklasifikasikan huruf Arab, dimana vektor ciri pola yang dihasilkan dari MDF memiliki nilai yang tidak terlalu tinggi dan dapat memberikan keunikan pada pola, serta pengklasifikasian dari LVQ memiliki ketepatan yang tidak terlalu tinggi. Hal ini disebabkan karena pola huruf Arab yang memiliki kemiripan pada beberapa karakter. Tingkat akurasi pada sistem dipengaruhi oleh jumlah transisi, ukuran normalisasi, jumlah learning rate dan jumlah neuron hidden layer. Akurasi sistem dalam pengenalan pola huruf Arab mencapai 74,3 %.
Kata Kunci : Huruf Arab, Learning Vector Quantization (LVQ), Modified Direction Feature (MDF), Pengenalan PolaABSTRACT: At this time, pattern recognition system has been developed and being used. One ofe the common pattern recognition that people know is hand-writing recognition. Arabic letter is the letter that Moslem must studied, also has resemblance of pattern at some letters that make pattern recognition of Arabic letter became difficult.
Based on that problems, pattern recognition system that has ability to recognizing hand-writing Arabic letter with output to read the letter that correct by using combination of Modified Direction Feature (MDF) and Learning Vector Quantization (LVQ) method, analisys accuration from Arabic letter recognition by using MDF and LVQ.
MDF method is technique that get the feature vector from all direction and add together until specific feature vector formed. From feature vector that taken from all direction, can be seen uniqueness from Arabic letter for the input of LVQ that classifying pattern that each of the outputs represent category or class until get the maximum result.
Arabic letter pattern recognition system by using MDF and LVQ make conclusion that MDF and LVQ method can be use in pattern extraction and Arabic letter classification, where pattern feature vector that produced by MDF have a not too high value and can give the uniqueness of pattern, classification from LVQ have a not too high accuracy. This is because Arabic letter’s pattern have similarity with another. Accuration of system influenced by transition, normalisation, learning rate and neuron of hidden layer. Accuration of the system for Arabic letter recognition reach 74,3 %.Keyword: Arabic Letter , Learning Vector Quantization (LVQ), Modified Direction Feature (MDF), Pattern Recognition

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Analisis dan Implementasi Pengenalan Huruf Arab Menggunakan Modified Direction Feature Extraction dan Learning Vector Quantization
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Muhammad Amrul Ummami
Perorangan
Adiwijawa, Retno Novi Dayawati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini