Analisis Perbandingan Performansi Disiplin Antrian CBQ Dan PRIO Terhadap Aplikasi Video Streaming

Agus Muharya

Informasi Dasar

113050109
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Manajemen bandwidth mampu memberikan garansi kepada tiap user dalam suatu jaringan yang memiliki banyak layanan untuk mendapatkan alokasi bandwidth yang adil dan sesuai. Semakin banyaknya jumlah user serta layanan yang terdapat dalam jaringan akan berpengaruh pada utilitas jaringan itu sendiri. Sebagai contoh aplikasi video streaming akan membutuhkan bandwidth yang lebih besar dibandingkan dengan aplikasi ftp atau http, sehingga pengaturan untuk mengakses atau melayani masing-masing aplikasi tersebut tidak bisa sama. Jaringan juga dituntut harus tetap mampu menangani kebutuhan user akan suatu layanan yang dibutuhkan oleh mereka, bahkan dalam keadaan terjadi lonjakan permintaan. Dengan penerapan manajemen bandwidth di jaringan, masing masing user akan memiliki alokasi bandwidth sesuai dengan kebutuhannya sehingga diharapkan tidak terjadi adanya user yang menggunakan bandwidth jaringan secara tidak terkendali.

Penerapan manajemen bandwidth dilakukan dengan menggunakan disiplin antrian CBQ (Class Based Queueing) dan PRIO (Priority) pada sistem operasi Linux. Kedua disiplin antrian yang termasuk dalam metode clasfull ini akan digunakan untuk membagi alokasi bandwidth pada layanan http, ftp, dan video streaming di jaringan LAN. Analisis dari semua skenario yang diujikan menunjukkan bahwa disiplin antrian CBQ memberikan performansi yang lebih baik untuk aplikasi video streaming karena mampu memberikan jaminan bandwidth kepada tiap-tiap client sehingga tercapai kondisi streaming video yang ideal.

Kata Kunci : Manajemen Bandwidth, Class Based Queueing, Priority Queueing, Video StreamingABSTRACT: Bandwidth management is able to provide guarantee to each user in a network that has a lot of services to obtain a fair and appropriate bandwidth allocation. Increasing number of users and services contained in the network will affect the utility of the network itself. As an example video streaming application will require more bandwidth than ftp or http application, so that the arrangement for access of each applications can not be the same. Network is also required to remain able to handle the needs of a services required by users, even when a lot of demand occurs. By implementing bandwidth management on the network, each user will have bandwidth allocation according to their needs.

Implementation of bandwidth management is done using CBQ (Class Based Queuing) and PRIO (Priority) queueing discipline on Linux operating system. Both queuing disciplines that belong to clasfull method will be used to divide the bandwidth allocation on each http, ftp, and video streaming service over the network. Analysis of all the scenarios tested indicate that the CBQ queueing discipline gives better performance for streaming video applications because it can provide guaranteed bandwidth to each client in order to reach the ideal condition of streaming video.

Keyword: Bandwidth management, Class Based Queueing, Priority Queueing, Video Streaming

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

Analisis Perbandingan Performansi Disiplin Antrian CBQ Dan PRIO Terhadap Aplikasi Video Streaming
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Agus Muharya
Perorangan
Bayu Erfianto, Niken Dwi Wahyu Cahyani
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini