Functional Test pada Aplikasi Berbasis Web Menggunakan Selenium

Hadi Zeftin

Informasi Dasar

113030076
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Software testing harus dapat dengan efektif menemukan cacat yang ada, dan banyak metode yang dapat digunakan untuk merancang test-case. Tidak hanya efektif, software testing juga harus dengan efisien melakukan test secepat dan semurah mungkin, untuk itu terdapat tool yang dapat meng-automasi testing.
Software testing yang ter-automasi dapat dengan signifikan mengurangi usaha yang dibutuhkan dalam testing yang menyeluruh, atau dengan signifikan meningkatkan jumlah testing yang dapat dilakukan dalam waktu yang terbatas. Terdapat beberapa tool untuk meng-automasi test khususnya aplikasi berbasis web yang dapat dijalankan dalam browser, salah satunya adalah Selenium.
Buku ini menghadirkan analisis untuk dua metode yang dapat diaplikasikan pada level functional test menggunakan tool Selenium, Cause-Effect graphing dan State-Transition analysis, mulai dari permasalahan implementasi dan ongkos uji.
Dari percobaan, walaupun masing-masing metode memiliki keunggulan untuk fungsionalitas tertentu, namun kedua metode tersebut dapat memodelkan spesifikasi yang sama tanpa kehilangan cakupan uji, sehingga tiap metode dapat mendeteksi semua cacat yang ada.Kata Kunci : functional test, Selenium, Cause-Effect, State-Transition.ABSTRACT: Software testing needs to be effective at finding any defects which are there, and there are many method that can be use to design test case. Not only effective, it should also be efficient, performing the tests as quickly and cheaply as possible, therefore, exist testing tools to automate testing.
Automating software testing can significantly reduce the effort required for adequate testing, or significantly increase the testing which can be done in limited time. Tests can be run in minutes that would take hours to run manually. There are tool to automate testing spesifically web based application, that can be run in a browser.
This book present analysis for two method aplicable for functional test level with Selenium tool, Cause-Effect graphing and State-Transition analysis, from implementation issue, and cost.
From the experiment, although each method has its own advantage over certain functionality, yet those methods able to model the same spesification without coverage loss, thus each can detect every defect which are there.Keyword: functional test, Selenium, Cause-Effect, State-Transition

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

Functional Test pada Aplikasi Berbasis Web Menggunakan Selenium
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Hadi Zeftin
Perorangan
Dana Sulistyo Kusumo, Yanuar Firdaus A.W.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini