DESIGN DAN IMPLEMENTASI SMS GATEWAY SEBAGAI PEHUBUNG ANTARA SMSC DAN HTTP SERVER MENGGUNAKAN SMPP 3.4

ARLINI TRESNA WIDYARTIN

Informasi Dasar

113027279
621.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Pengiriman pesan secara mobile atau yang biasa dikenal dengan mobile messaging telah berkembang dengan cepat dan dilengkapi dengan banyak feature baru. Berkembangnya mobile messaging adalah akibat adanya tuntutan konsumen operator dan usaha operator untuk mencari solusi alternatif guna meningkatkan revenue sekaligus memuaskan pelanggan. Para operator telah memperluas SMS service-nya tidak hanya untuk komunikasi antara mobile to mobile tetapi juga untuk service tambahan misalnya informasi online, kuis, entertainment info dan lain sebagainya. Dengan pengingkatan kebutuhan yang serba mobile dan makin pesatnya perkembangan jaringan TCP/IP memicu adanya ketehubungan antar dua buah teknologi yang berbeda untuk dapat menghasilkan informasi yang mudah didapat dengan teknologi yang sudah ada.
SMS Gateway adalah sistem komputer yang berfungsi sebagai jembatan antara SMSC dan dunia TCP/IP. SMPP (Short Message Peer to Peer) adalah protokol yang diimplementasikan sebagai SMSC connectivity protocol. Protokol SMPP dan HTTP dapat dihubungkan dengan menggunakan gateway agar dapat saling berkomunikasi. SMS Gateway dibangun dengan tujuan efisiensi system komunikasi, sehingga lewat SMS orang bisa mendapatkan layanan informasi secara aktual.
Dalam tugas akhir ini mencoba akan mendesign dan mengimplementasikan sebuah SMS gateway dengan menggunakan protokol SMPP. Dimana gateway ini akan dapat menghubungkan SMSC dengan dunia TCP/IP seperti Content Provider (CP). Performansi dan unjuk kerja system juga akan ditunjukkan dengan menghitung delay dan throughput yang bisa dihasilkan system. Studi kasus untuk implementasi dengan aplikasi Information Services Horoskop dan Kurs. System akan dibuat dengan menggunakan J2SDK1.3 (Java 2 Software Development Kit v1.3) dan MySQLv3.23.32 sebagai database-nya dan API dari Open Logica SMPPv3.4.Kata Kunci : SMS Gateway, SMPP, SMSC, Content Provider(CP)ABSTRACT: Mobile messaging has been growing and enriched with new feature. Service based SMS growing so fast, it’s because any demand from consumer of operator and innovative way of operator to more competitive to get more revenue at all once to satisfied custumer. All operator have been expanding SMS service not only or mobile to mobile communication but also for other Value-added Service, example : online information, quiz, entertainment info, am d so forth. With increasing of needs mobile of communication and rapidly technology TCP/IP triggered interconnection between difference of two technology for resulting easier information with that technology.
SMS gateway is computer system that have function as gateway between SMSC TCP/IP based. SMPP (Short Message Peer to Peer Protocol) is protocol that implemented as SMSC connectivity protocol. SMPP and HTTP can connected with gateway to communicating. SMS Gateway build to communication efficienty system, until with SMS people get information service actually.
This thesis is try to design and implementation a SMS gateway using SMPP. This gatway will connecting SMSC with TCP/IP based for example Content Provider (CP). Performation and delay will show with counting delay and throughput that can be output by system. Case study for implementation using Information Services Horoscope and Kurs. System will created using J2SDK1.3 dan MySQLv3.23.32 as database and API from Open Logica SMPPv3.4.Keyword: SMS Gateway, SMPP, SMSC, Content Provider (CP).

Subjek

TELECOMMUNICATION ENGINEERING
 

Katalog

DESIGN DAN IMPLEMENTASI SMS GATEWAY SEBAGAI PEHUBUNG ANTARA SMSC DAN HTTP SERVER MENGGUNAKAN SMPP 3.4
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARLINI TRESNA WIDYARTIN
Perorangan
-
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2004

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini