Analisis Perbandingan Konfigurasi Asterisk Menggunakan Perl (ACOP) dengan Menggunakan Asterisk Extension Language (AEL)

Umar Yunan Kurnia Septo Hediyanto

Informasi Dasar

113020173
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Salah satu software yang digunakan sebagai VoIP server dan diperhitungkan karena berbiaya murah, reliabilitas lebih tinggi, penggunaan yang mudah, dan interoperabilitas perangkat yang telah mensupport banyak hardware adalah Asterisk yang merupakan IP PBX. Dari berbagai kelebihan dan keuntungan yang bisa didapat, bukan berarti Asterisk hadir tanpa kelemahan. Salah satu kelemahan dari Asterisk adalah penulisan dialplan konfigurasinya yaitu extension.conf. Banyak pengguna Asterisk yang juga berprofesi sebagai programmer mengeluhkan masalah konfigurasi ini yang dianggap rumit dan membutuhkan waktu untuk mempelajarinya.
Akhirnya banyak bermunculan alternatif penulisan konfigurasi ini, diantaranya adalah AEL (Asterisk Extension Language). Tetapi AEL juga belum seperti bahasa pemrograman dan masih bersifat penyederhanaan konfigurasi dialplan Asterisk. Untuk itulah maka diperlukan sistem konfigurasi yang baru, salah satunya adalah ACoP. ACoP adalah konfigurasi dialplan Asterisk dengan bahasa pemrograman Perl, dimana bahasa ini banyak dikenal oleh para programmer. ACoP ini akan dibandingkan dengan AEL agar didapatkan jalan terbaik atau alternatif baru dalam melakukan konfigurasi pada Asterisk.
Dari Hasil Analisa didapatkan bahwa ACoP sedikit lebih unggul dalam hal kemudahan daripada AEL tetapi memiliki kelemahan dalam hal pemrosesan data, dimana waktu prosesnya dan persiapannya cukup lama. Tetapi masih dapat dijadikan alternatif dan bisa dikembangkan untuk menjadi konfigurasi dialplan Asterisk.
Kata Kunci : asterisk, VoIP, konfigurasi dialplan, extension.conf, AEL, ACoP.ABSTRACT: One of the software that is used as a VoIP server and has cheaper cost, higher reliability, easy to use, and interoperability device that has been supporting a lot of hardware is that the Asterisk IP PBX.
From the various advantages and benefits that can be obtained, Asterisk had not present without weakness. One of the weaknesses of the asterisk is the dialplan configuration that is extension.conf. many users of Asterisk who also work as a programmer think that the configuration is considered to be complex and take time to learn. Finally, many of the alternative configuration has been created, such as AEL (asterisk Extension Language). AEL still not come as programming languages and still be a Asterisk dialplan configuration simplification. It is then necessary to configure the new system, one of which is ACoP. ACoP is Asterisk dialplan configuration with the Perl programming language, where language is more known by the programmer. This ACoP will be compred with AEL to obtained the best way or an alternative in the new configuration on the asterisk.
From the Analysis we can get that ACoP more better in simplicity than AEL but have flaw in data processing where time process and preparation is too slow. But it still can be an alternative and can be developed to facilitate configuration of asterisk dialplan.
Keyword: asterisk, VoIP, dialplan configuration, extension.conf, AEL, ACoP.

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

Analisis Perbandingan Konfigurasi Asterisk Menggunakan Perl (ACOP) dengan Menggunakan Asterisk Extension Language (AEL)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Umar Yunan Kurnia Septo Hediyanto
Perorangan
Tri Brotoharsono, Fazmah Arif Yulianto
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini