Pengenalan Pola Hurub Arab Gundul dengan Menggunakan Metode Jaringan Saraf Tiruan Propagasi Balik

Muhammad Yudi Alfarisy Pane

Informasi Dasar

113020032
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI:
Propagasi balik merupakan suatu teknik yang terdapat dalam jaringan saraf tiruan yang termasuk kedalam kategori algoritma pembelajaran terpimpin (supervised learning) dan umumnya menggunakan arsitektur Multilayer Feed Forward untuk mengubah bobot-bobot antar neuronnya. Kemudian algoritmanya menggunakan keluaran error untuk mengubah nilai bobot-bobotnya dalam arah mundur. Sehingga error yang dihasilkan oleh bagian keluaran ke bagian tersembunyi pada saat proses pembelajaran dilakukan akan di propagasi balik. Proses ini akan dilakukan terus hingga error yang dihasilkan bisa ditolerir.

Tugas akhir ini mengimplementasikan arsitektur jaringan saraf tiruan propagasi balik untuk pengenalan pola huruf arab gundul. Hurufnya direpresentasikan kedalam gambar berbentuk digital matriks. Implementasinya diawali dengan tahap pelatihan untuk mendapatkan nilai parameter dan arsitektur jaringan yang baik. Nilai parameter dan arsitektur jaringan yang didapat, kemudian diterapkan untuk tahap pengujian.

Hasil pengujian dengan menggunakan data pola latih menunjukkan akurasi sistem dalam mengenali data pola huruf arab yang telah digunakan pada saat pelatihan.
Kata Kunci : Kata kunci : Jaringan saraf tiruan propagasi bailk, data pola.ABSTRACT:
Backpropagation is a technique of artificial neural network which is supervised learning algorithm category, generaly using Multilayer Feed architecture to change the loads of the neurons. Algorithm using error output to change the load in reversed ways. Error on the output to hidden part when study processed and then propagation reversed. This process continues until the error in output can be tolerated.

This final project implementing backpropagation in artificial neural networks to identify basic arabic characters. The characters represented into digital metric pictures. The implementation started with training step to have the finest parameter and network architecture. The parameter and network architecture implemented in testing step.

Test result by using trained data pattern showing the accurate system in identifying basic arabic character pattern that already used in training step.
Keyword: Keywords: Backpropagation Neural Network, Pattern Data.

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Pengenalan Pola Hurub Arab Gundul dengan Menggunakan Metode Jaringan Saraf Tiruan Propagasi Balik
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Muhammad Yudi Alfarisy Pane
Perorangan
Retno Novi Dayawati, Tjokorda Agung Budi Wirayuda
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini