USULAN SPESIFIKASIPADA MEJA PRAKTIKUM RUANG LABORATORIUM TEKNIK INDUSTRI MENGGUNAKAN PENDEKATAN ERGONOMI(Studi kasus: Laboratorium Proses Manufaktur Universitas Telkom)

DEWI SULISTYANINGRUM

Informasi Dasar

112104254
629.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Laboratorium Proses Manufaktur adalah Laboratorium di Fakultas Teknik Industri dan terus mengalami peningkatan sesuai kebutuhan yang diperlukan. Salah satunya adalah dengan memiliki ruang lab dengan ukuran sebesar 11.89 x 4.90 m yang digunakan untuk praktikum. Praktikum merupakan salah satu aktivitas yang dijalani mahasiswa di laboratorium. Aktivitas praktikum Proses Manufaktur sebagian besar menggunakan komputer sehingga dapat dikatakan stasiun kerja yang digunakan berbasis komputer atau Visual Display Terminal (VDT).
Fasilitas yang digunakan menyebabkan layout ruang praktikum tidak optimal karena membuat space untuk melakukan pergerakan tidak memenuhi standar yang direkomendasikan. Meja praktikum merupakan fasilitas yang memiliki dampak besar terhadap kondisi ruangan dimana meja praktikum merupakan fasilitas dengan dimensi yang terbesar. Setengah ukuran dari lebar meja tidak digunakan dan dibuktikan dengan simulasi menggunakan software ManneQuinPro. Hasil Standard Nordic Questionaire (SNQ) menunjukkan adanya Musculoskeletal Disorder (MSDs) yang dialami oleh pengguna ketika menggunakan workstation eksisting. Keluhan rasa sakit atau nyeri yang ditimbulkan paling besar adalah pada leher, pundak kanan, siku kanan, pergelangan tangan/tangan kanan, dan punggung bagian atas. Agar dapat mengatasi hal ini, maka diperlukan perancangan spesifikasi meja yang dengan memperhatikan aspek-aspek ergonomi yang sesuai dengan ukuran ruang praktikum Laboratorium Proses Manufaktur.
Hasil dari penelitian adalah spesifikasi meja usulan adalah meja yang menerapkan aspek-aspek ergonomi dan sesuai dengan kebutuhan dengan spesifikasi jenis meja berukuran tetap dengan tinggi permukaan meja 720 mm, lebar 600 mm, dan panjang 1100 mm. Meja dirancang dengan memiliki tepat khusus CPU dan sandaran kaki.KATA KUNCI: Ergonomi, Antropometri, Visual Display Terminal, Musculoskeletal Disorder, ErgoEASER, MannequinPRO.ABSTRACT: Manufacturing Process (Prosman) Laboratoryis anew laboratoryinIndustrial Engineering. InfrastructureonProcess ManufacturLabcontinues to increaseas neededrequired. One way is have alabroomwitha size of11.89x4.90mwereusedfor practicum. Practicumis one of theactivities that collegestudent must throughin laboratory. Process ManufacturLabactivitymostly usea computer soit can be saidthatthe workstationusedcomputer-basedorVisualDisplayTerminal(VDT).
Facilities that usedin laboratory does notmade an optimallayout. Itcauses thespacefor user movementdid not inthe recommendedstandards. Desks which are used in practicum roomis a facility thathas amajor impact on thecondition ofthe roomwhere thetableis afacilitieswiththe largestdimensions. A halfthewidth sizeofthe desknot useand it was provedby thesimulationwith softwareManneQuin PRO. Result fromStandardNordicQuestionnaire(SNQ) foundMusculoskeletal Disorder (MSDs)experienced bythe college studentswhenusingexistingworkstationsthatthere arepain and it causedmostof it isonthe neck, right shoulder, right elbow, wrist/rightarm, upper back, andknee.When analyzedusing thesoftwareErgoEASERturns out, the workstationwas causingfatigueorexhaustion. Toovercome this, itis necessary to designan ergonomicdeskthatfit the needs ofManufacturingProcessesLaboratorypracticum room.
The resultsofthe proposedresearchisthe desk used ergonomic approach and fit with practicum room withthe proposed desk specificationdesigned isfixed-sizetypewiththe height desk surface720mmhigh, 600mmfor width and1100 mm for length. The deskdesignedhaveproperspecificCPU placeanda footrest.KEYWORD: Ergonomics, Anthropometry, Visual Display Terminal, Musculoskeletal Disorder, ErgoEASER, MannequinPRO

Subjek

Otomation
 

Katalog

USULAN SPESIFIKASIPADA MEJA PRAKTIKUM RUANG LABORATORIUM TEKNIK INDUSTRI MENGGUNAKAN PENDEKATAN ERGONOMI(Studi kasus: Laboratorium Proses Manufaktur Universitas Telkom)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DEWI SULISTYANINGRUM
Perorangan
Rino Andias Anugraha , Yusuf Nugroho
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini