Analisis sistem estimasi jumlah pelanggan pada suatu antrian di supermarket berbasis pengolahan citra digital

Rifqi Aji Widarso

Informasi Dasar

111081073
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Sistem antrian pelanggan saat melakukan pembayaran kassa pada pusat perbelanjaan merupakan salah satu solusi untuk membuat transaksi pembayaran lebih teratur. Pelanggan melakukan prediksi pada kassa mana yang memiliki antrian paling sedikit.

Pada Tugas Akhir yang berjudul “Analisis Sistem Estimasi Jumlah Pelanggan Pada Suatu Antrian Di Supermarket Berbasis Pengolahan Citra Digital” ini telah dibuat suatu estimasi jumlah pelanggan pada antrian dengan mengambil sampel image saat pelanggan mengantri pada kassa. Dalam hal ini telah dilakukan deteksi pelanggan. Setelah dideteksi, maka didapat hasil perhitungan estimasi jumlah pelanggan yang mengantri pada kassa. Metoda deteksi yang digunakan pada penelitian ini adalah Non Parametric Optimal Thresholding.

Hasil yang telah dicapai pada Tugas Akhir ini adalah sistem memberikan informasi jumlah pelanggan yang mengantri pada kassa dengan tingkat akurasi paling tinggi 100% pada kassa 2 dengan posisi pengambilan citra dari belakang sebelah kiri dan pada kassa 3 posisi pengambilan citra dari depan sebelah kanan dengan jarak 2,5 meter dan waktu komputasi 5,062 detik. Selain itu pelanggan sistem ini juga memberikan informasi kassa yang memiliki antrian paling minimum kepada pelanggan.Kata Kunci : image, Non Parametric Optimal ThresholdingABSTRACT: Queue system when the customers pay things what they want to buy on supermarket is ane of solution to make the transaction more regular. The customers predict the cashier where have faster service.

Based on that problems so this final project which the title is “Analyzing Customer Total Estimated System in Supermarket Queue Based on Digital Image Processing”has been made to research customers estimation.with take image sample when the customers have queued at the cashier.In this research has been done customers detection.After the customers have been detected,so the customers who queue at the cashier calculation result could be gotten.The method which be used in this research is Non Parametric Optimal Thresholding.

The result has been gotten in this final project is this system has gives information about customers estimation with the best accuration is 100% for cashier number 2 with image had be taken from left behind of the cashier and cashier number 3 with image had be taken from right front of the cashier. Beside that,this system gives information to the customers,the cashier where has minimum queue.Keyword: image, Non Parametric Optimal Thresholding

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

Analisis sistem estimasi jumlah pelanggan pada suatu antrian di supermarket berbasis pengolahan citra digital
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rifqi Aji Widarso
Perorangan
Bambang Hidayat, Suci Aulia
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini