OTOMATISASI PERHITUNGAN JUMLAH LEUKOSIT PADA URIN BERBASIS PENGOLAHAN CITRA DIGITAL DENGAN METODE INTI DAN UKURAN SEL

Dwi Apri Mulyanah Putri

Informasi Dasar

111070246
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Perkembangan teknologi juga terjadi pada bidang medis, semakin banyak teknologi yang dibutuhkan guna mempermudah dalam penerapan kegiatan medis. Pada Tugas Akhir ini akan dilakuakn penerapan pengolahan citra digital untuk membantu dalam penghitungan jumlah leukosit, sehingga akan didapatkan alat hitung otomatis yang dapat membantu ahli medis.

Salah satu cara dalam menentukan jenis penyakit adalah dengan penghitungan jumlah kandungan sel (cell counting). Cell counting ini biasanya dilakukan dengan penentuan jumlah sel- sel yang berada dalam darah yang masing-masing memiliki fungsi dan kadar yang berbeda-beda tergantung usia dan jenis kelamin. Uji ini tidak hanya dapat dilakukan pada darah saja, tetapi dapat juga menggunakan urin. Kandungan yang terdapat pada urin tidak jauh berbeda dengan darah, yaitu sel darah putih (leukosit), sel darah merah (eritrosit), bakteri, epitel, granul, kristal, zat pengganggu (lemak, dan lain-lain).

Leukosit pada urin ini, yang dianalisis adalah inti (nucleus ) dan ukuran sel. Proses pengolahan citra dimulai dari pre processing citra, threshold bertingkat, hingga citra siap untuk dihitung. Jumlah leukosit yang didapat akan menentukan tipe ISK (Infeksi Saluran Kemih). Didapatkan tingkat keakuaratan sebesar 60.26% untuk jumlah dan 90.7% untuk penentuan tipe ISK.Kata Kunci : Pengolahan Citra, Thresholding, Leukosit, ISKABSTRACT: One way in determining the type of disease is by counting the number of cell. Cell counting is done by determining the number of cells that are in the blood, which each have functions and different levels depending on age and sex. This test not only be done on blood alone, but can also use the urine. The content contained in urine is not much different from the blood, including white blood cells (leukocytes), red blood cells (erythocytes), bacteria, epithelia, granules, crystals and other substances (fat, etc.).

Technological developments also occurred in the medical field, the more technology needed to facilitate the implementation of medical activities. In this final project will be done on digtal image processing application to assist cells counting of leukocytes, so will get automatic cells count that can help paramedics.

Leukocyte in the urine, which is analyzed is the core (nucleus) and cell size. The process starts from the pre-image processing image processing, multilevel threshold,until the image is ready to be counted. The number of leukocytes obtained will determine the type of UTI (Urinary Tract Infection). For counting accuration is 60.26% and type 90.7% for the determination of the type of UTI.Keyword: Citra Processing, threshold, leukocyte, ISK

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

OTOMATISASI PERHITUNGAN JUMLAH LEUKOSIT PADA URIN BERBASIS PENGOLAHAN CITRA DIGITAL DENGAN METODE INTI DAN UKURAN SEL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Dwi Apri Mulyanah Putri
Perorangan
Ahmad Rizal., Ledya Novamizanti
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini