Desain Dan Realisasi Home Automation Untuk Pengaturan Jadwal Pemakaian Peralatan Listrik Rumah Tangga

Lukman Sahid

Informasi Dasar

111060275
621.381
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Tenaga listrik merupakan sumber energi yang sangat penting bagi kehidupan manusia baik untuk kegiatan industri, kegiatan komersial maupun dalam kehidupan sehari-hari rumah tangga. Mengingat begitu besar dan pentingnya manfaat energi listrik sedangkan sumber energi pembangkit listrik terutama yang berasal dari sumber daya tak terbarui yang keberadaannya terbatas, maka untuk menjaga kelestarian sumber energi ini perlu diupayakan langkah-langkah strategis yang dapat menunjang penyediaan energi listrik secara optimal dan terjangkau. Masyarakat sebagai konsumen dihimbau untuk menghemat penggunaan energi listrik. Namun yang disayangkan adalah tidak semua kalangan masyarakat mengerti dan mau untuk menjalankan hidup hemat seperti yang dianjurkan pemerintah.

Tugas akhir ini telah berhasil merancang suatu alat yang dapat membantu mengatur waktu pemakaian peralatan listrik. Alat yang dibangun ini merupakan suatu sistem mikrokontroler yang digunakan untuk menghidupkan atau mematikan beberapa peralatan listrik berdasarkan jadwal yang telah diatur melalui sebuah panel kontrol. Biaya yang dihabiskan untuk membangun alat ini adalah sebesar Rp578,100 dan biaya bulanan yang harus dikeluarkan untuk mengoperasikan alat ini (dengan asumsi golongan tarif R-1 450VA) adalah Rp936,26.

Alat ini selain dapat menjalankan jadwal yang dimasukkan pengguna juga dapat mengatur jadwal yang sudah ada agar jumlah tagihannya sesuai dengan jumlah tagihan yang diinginkan pengguna. Pengaturan jumlah tagihan dilakukan dengan mengatur durasi masing-masing jadwal yang berbeda prioritasnya. Setiap prioritas akan mengalami nilai pengurangan yang berbeda. Dengan menggunakan algoritma Knapsack 0/1, akan dipilih berapa nilai pengurangan yang akan dikenakan untuk masing-masing prioritas. Sehingga didapatkan jadwal baru yang jumlah tagihannya mendekati tetapi tidak melebihi nilai tagihan yang diinginkan user. Hasil penerapan algoritma Knapsack 0/1 dalam penelitian ini menunjukkan bahwa selisih antara nilai tagihan yang diinginkan dan nilai tagihan yang diperoleh (Δ) memiliki nilai kurang dari Rp1000,- bila perbandingan antara jumlah tagihan yang diinginkan dan jumlah tagihan jadwal yang ada sekarang lebih dari 76,30%.Kata Kunci : Penjadwalan Peralatan Listrik, Algoritma Knapsack 0/1, Embedded Home Automation, MikrokontrolerABSTRACT: Electric power is the essential source of energy for industrial, commercial and in everyday life households. Given such a large and important benefits of electrical energy while the energy source of electricity mainly comes from non-renewable and limited resources. To preserve this energy source, strategic efforts is necessary to support the provision of electrical energy in optimal and affordable. Consumers are encouraged to save the use of electrical energy. But unfortunately, not all of them understand and want to run a frugal life as recommended by government.

This final project has succeeded in designing a tool that can help to schedule households usage time. This tool is a microcontroller system that is used to turn on or turn off some households on a schedule that has been regulated through a control panel. Money spent to build this tool is Rp578, 100 and monthly fees that must be paid to operate this device (assuming the tariff category R-1 450VA) is Rp936, 26.

This device also offer a feature to reduce total monthly bill when running the schedule. Schedule‟s duration will be reduced automatically to meet the desired bill entered by user. Each schedule has it‟s own priority entered by user. Each priority will experience a different duration reduction of a schedule. The reduction rate of a schedule‟s duration will be determined by Knapsack 0/1 algorithm. This algorithm will reduce all schedule‟s duration based on each priority to meet new monthly bill. The new bill it self of course will approached but not exceeded the desired bill entered by user. The result of applying the algorithm Knapsack 0 / 1 in this study showed that the difference between the desired bill and invoice value obtained (Δ) has a value of less than 1,000, - when the ratio between the desired bill number and amount of the charge schedule there are now more than 76 , 30%.Keyword: Scheduling for Electrical Appliances, Knapsack Algorithm 0 / 1, Embedded Home Automation, Microcontroller

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

Desain Dan Realisasi Home Automation Untuk Pengaturan Jadwal Pemakaian Peralatan Listrik Rumah Tangga
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Lukman Sahid
Perorangan
Iswahyudi Hidayat, M. Sarwoko.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini