Analisis Performansi WCDMA-Diversitas Relay Pada Kanal Fading

Nur Andini

Informasi Dasar

111060197
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Fading merupakan fluktuasi amplitudo dari suatu sinyal yang dikirimkan transmitter. Salah satu teknik yang dapat digunakan untuk mengurangi fading adalah teknik diversitas. Pada teknik ini digunakan lebih dari satu link kanal dalam suatu pengiriman informasi dari transmitter ke receiver. Salah satu aplikasi dari teknik diversitas yaitu divesitas relay. Pada dasarnya diversitas relay merupakan penggunaan beberapa relay yang berfungsi untuk menerima sinyal yang dikirimkan transmitter kemudian meneruskan sinyal tersebut ke receiver. Relay dapat bersifat amplify-and-forward atau decode-and-forward.
Pada Tugas Akhir ini dilakukan simulasi terhadap sistem downlink WCDMA-diversitas relay pada kanal fading. Dalam simulasi ini digunakan kanal Rayleigh fading dan relay yang digunakan bersifat decode-and-forward. Penggabungan seluruh sinyal yang diterima MS menggunakan teknik EGC (Equal Gain Combining). Simulasi ini dilakukan pada sistem tanpa relay dan sistem yang menggunakan relay dengan jumlah relay yang bervariasi, yaitu 1-Relay, 2-Relay, 3-Relay, dan 4-Relay. Simulasi didasarkan pada beberapa kondisi, yaitu berdasarkan kecepatan MS yang berbeda-beda (0, 3, 30, dan 120 km/jam), berdasarkan SF yang digunakan, serta berdasarkan jumlah pengguna.
Hasil simulasi berdasarkan kecepatan MS, SF yang digunakan, serta berdasarkan jumlah pengguna menunjukkan bahwa adanya relay mampu meningkatkan performansi sistem downlink WCDMA. Adanya relay ini mampu memperbaiki BER sistem saat Eb/No yang sama. Selain itu untuk mencapai BER tertentu, sistem dengan relay membutuhkan Eb/No yang lebih kecil dari sistem tanpa relay.
Kata Kunci : relay, downlink, BER, dan Eb/No.ABSTRACT: Fading is amplitude fluctuation of transmitted signal. One solution to reduce the fading effect is diversity. In diversity used more than one links to transmit information. One application of diversity is relay diversity. Basically relay diversity is a solution that use some relays to receive signal from transmitter and retransmit the signal to receiver. Relay has some characteristic, they are amplify-and-forward or decode-and-forward.
This Final Project simulates the WCDMA downlink system using relay diversity over fading channels. In simulation used Rayleigh fading channels and decode-and-forward relay. All received signals in MS are combined by EGC (Equal Gain Combining). Simulation is done on system without relay and system with relay, the numbers of relay are 1-Relay, 2-Relay, 3-Relay, and 4-Relay. Simulation is based on different user velocity, Spreading Factor, and number of user.
Simulation results based on different user velocity, Spreading Factor, and number of user indicate that relay can increase WCDMA downlink performance. With relays, the BER of system can be improved. On the other hand, system with relay needs Eb/No lower than Eb/No of system without relay to achieve the same BER.
Keyword: relay, downlink, BER, and Eb/No.

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

Analisis Performansi WCDMA-Diversitas Relay Pada Kanal Fading
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Nur Andini
Perorangan
M. Ali Muayyadi, , MSc., PhD., Gelar Budiman
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini