Perancangan dan Realisasi BPF Mikrostrip Hairpin pada Frekuensi 3.3 - 3.4 GHz untuk Aplikasi WIMAX

Alvian Syahputra Purba

Informasi Dasar

111060148
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Filter merupakan perangkat transmisi yang memiliki fungsi untuk menyaring frekuensi tertentu dengan meloloskan frekuensi yang diinginkan dan meredam frekuensi yang tidak diinginkan. Frekuensi yang dilewatkan pada perangkat ini disesuaikan dengan jenis filter yang digunakan dengan karakteristik yang berbeda pula.

Pada tugas akhir ini akan dibahas mengenai desain dan realisasi filter microwave yang bekerja pada frekuensi 3.3-3.4 GHz. Filter yang direalisasikan berupa bandpassfilter hairpin yaitu saluran transmisi berupa mikrostrip yang dipasang berbentuk susunan melintang diagonal dengan resonator mikrostrip. Bentuk karakteristik redaman filter dirancang berdasarkan pendekatan matematis Chebychev.

Pengukuran filter dilakukan dengan menggunakan network analyzer untuk mendapatkan parameter tentang kinerja dan karakteristik prototype yang dibuat. Parameter yang telah diuji dari prototype BPF ini antara lain respon frekuensi, bandwidth, standing wave ratio, insertion loss, perubahan fasa, dan impedansi terminal. Adapun hasil pengukuran dari karakteristik filter ini adalah : frekuensi tengah 3.35 GHz dengan insertion loss = 4.227 dB, bandwidth 3dB = 94.25 MHz, bandwith VSWR = 1.432 pada input dan untuk pada output 1.416, return loss pada input 15.268 dB dan 16.397 dB untuk output, impedansi terminal input = 38.322 – j6.332 Ω dan output = 37.314 –j3.383 Ω, respon phasa yang dihasilkan linear.Kata Kunci : BPF , Chebychev, Hairpin, MikrostripABSTRACT: Filter is a transmission means that has function to pass certain frequency with release wanted frequency (pass band) and damp unwanted frequency. Passed frequency in this means must suitable with filter type that used with different characteristic.

In this final project is designed and built Band Pass Filter (BPF) in frequency between 3.3 – 3.4 GHz. Transmission canal type used in realization BPF here use band pass hairpin, it is a microstrip transmission line is fitted with a diagonal crossshaped arrangement of microstrip resonators. The characteristic of filter attenuation has been design based on Chebychev.

Filter measuring done with Network Analyzer to get information about performance and prototype characteristic that made. Parameter that analyzed from BPF prototype such as: frequency response, bandwidth, insertion loss, standing wave ratio, the change of phase and terminal impedance. The measure result from filter characteristic is : center frequency 3.35 GHz with insertion loss = 4.227 dB, bandwidth 3dB = 94.25 MHz, VSWR = 1.432 for input and output 1.416, return loss input 15.268 dB and 16.397 dB for output, terminal impedance input = 38.322 – j6.332 Ω and output = 37.314 –j3.383 Ω, the change of respon phase with frequency is linear.Keyword: BPF , Chebychev, Hairpin, Mikrostrip

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

Perancangan dan Realisasi BPF Mikrostrip Hairpin pada Frekuensi 3.3 - 3.4 GHz untuk Aplikasi WIMAX
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Alvian Syahputra Purba
Perorangan
Budi Prasetya, Yuyu Wahyu
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini