PERENCANAAN DAN IMPLEMENTASI ANTENA MIKROSTRIP SIERPINSKI CARPET MULTIBAND MENGGUNAKAN SUBSTRAT ALUMINA (Al2O3) DENGAN TEKNOLOGI THICK FILM

BHIJANTA WYASA WIJAYA MUKTI

Informasi Dasar

111060002
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Perkembangan teknologi komunikasi di dunia modern semakin cepat dan beragam, sehingga banyak muncul standar teknologi yang baru dan semakin canggih. Antena sangat berperan dalam perkembangan telekomunikasi khususnya telekomunikasi dengan gelombang radio. Antena dalam hal ini sebagai device yang langsung berhubungan dengan media transmisi komunikasi sangatlah diperlukan kegunaannya. Antena secara umum berfungsi sebagai pengubah gelombang terbimbing yang dilewatkan pada saluran transmisi menjadi gelombang ruang bebas dan sebaliknya.

Antena microstrip merupakan salah satu jenis antena yang berbentuk papan (board) tipis dan mampu bekerja pada frekuensi yang sangat tinggi. Antena ini memiliki pola lapisan (pacth) dengan bentuk yang bermacam-macam, salah satunya adalah bentuk sierpinski carpet. Bentuk ini mempunyai struktur yang sangat kompak serta mudah dipabrikasikan dan diintegrasikan dengan rangkaian dibawahnya. Tetapi antena ini memiliki beberapa kekurangan yaitu memiliki bandwidth dan gain yang kecil. Untuk menutupi kekurangan tersebut maka antena ini akan dimodifikasi sehingga dapat mengatasi kekurangan yang ada. Dan juga antenna ini mengunakan substrat Alumina (Al2O3) dengan menggunakan teknologi think film.

Dari hasil perancangan dengan menggunakan Ansoft HFSS 9.2 didapatkan hasil yang sesuai dengan spesifikasi antena, dengan batas VSWR ≤ 2 dengan frekuensi yang multiband. Setelah melakukan perancangan di Ansoft HFSS 9.2 , dilakukan realisasi antena dengan teknologi thick film dengan bahan subtract Alumina (Al2O3) dan penggunaan perak sebagai konduktor. Hasil dari pengukuran antena realisasi tidak berbeda jauh dengan antena hasil simulasi, perbedaan ini disebabkan karena lingkungan pada saat pengukuran yang tidak ideal. Karena hal itu maka sebaiknya pengukuran dilakukan di ruangan tanpa gema seperti anechoic chamber sehingga menghasilkan nilai pengukuran yang sesuai dengan simulasi Ansoft HFSS 9.2.

Kata Kunci : Sierpinski Carpet , Multiband, Alumina ( Al2O3 ), Thick Film.ABSTRACT: The development of communication technology in the modern world increasingly fast and diverse, so much new technology standards emerge and more sophisticated. The antenna was instrumental in the development of telecommunications in particular telecommunications with radio waves. The antenna in this case as devices that are directly related to the transmission medium of communication is indispensable utility. The antenna is generally defined as a modifier of the guided wave which is passed through the transmission line into free space wave and vice versa.

Microstrip antenna is one type of antenna is shaped board (board) is thin and capable of working at very high frequencies. This antenna has a pattern layer (pacth) with a variety of forms, one of which is a form sierpinski carpet. This form has a very compact structure and easy dipabrikasikan and integrated with the circuit below. But this antenna has several deficiencies which have a small bandwidth and gain. To cover this shortfall, the antenna will be modified so that it can overcome the shortage. And also this antenna using alumina substrate (Al2O3) using a technology think a movie.

From the results of the design using Ansoft HFSS 9.2 is obtained in accordance with the specifications of the antenna, with a limit of VSWR ≤ 2 with a multiband frequency. After doing the design in Ansoft HFSS 9.2, made the realization of the antenna with thick film technology to subtract material alumina (Al2O3) and the use of silver as a conductor. Results from the measurement antenna is not much different realization of the antenna simulation results, the difference is due to the environment during the measurement which is not ideal. Because of this, the measurement should be done in a room without echoes like anechoic chamber so as to produce a measurement value in accordance with Ansoft HFSS 9.2 simulation.

Keyword: Sierpinski Carpet, multiband, Alumina (Al2O3), Thick Film.

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

PERENCANAAN DAN IMPLEMENTASI ANTENA MIKROSTRIP SIERPINSKI CARPET MULTIBAND MENGGUNAKAN SUBSTRAT ALUMINA (Al2O3) DENGAN TEKNOLOGI THICK FILM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BHIJANTA WYASA WIJAYA MUKTI
Perorangan
Heroe Wijanto, Yuyu Wahyu
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini