konversi voice dengan algoritma speaker transformation berbasis pemetaaan codebook

Leonardo Nugraha

Informasi Dasar

111050225
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Proses konversi voice memerlukan metode tertentu untuk di aplikasikan pada voice yang bersangkutan. Sudah banyak metode yang dilakukan oleh penelitian penelitian lain yang pernah ada, metode yang akan dibahas dalam tugas akhir ini adalah algoritma speaker transformation, algoritma ini menggunakan proses preemphasis seperti metode konversi suara lain, namun ada beberapa perbedaan dengan algoritma lain yang pernah diaplikasikan.
Algoritma Speaker Transformation adalah metode yang memodifikasi ucapan dari pembicara sumber supaya berbunyi seperti pembicara target. Algoritma ini menggunakan Segmental Codebook untuk melakukan perubahan voice dan eksitasi yang berhubungan dengan celah suara(voice).
Pada tugas akhir ini, dilakukan penelitian dan analisis mengenai efek dari pengimplementasian algoritma STASC pada sistem. Inputan yang terdiri dari source speaker dan target speaker yang berdurasi sekitar 2-5 detik. Voice input dianalisa parameternya dengan LPC (Linear Predictive Coding) . Dan selanjutnya dilakukan pengolahan terhadap code code LPC yang didapat.
Pengujian akan performa algoritma digunakan dengan cara perhitungan dan dengan cara subjektif. Hasil yang didapat cukup baik , untuk konversi suara pria ke wanita yang menghasilkan nilai MOS 4.3 - 4.6 danuntuk proses konversi suara pria ke pria berkisar dari 3,6 – 4,1Kata Kunci : LPC, codebook,source speaker,target speaker,STASCABSTRACT: Voice conversion proses need some method to aplicated to chosen voice that use. There are many method that have been try in many training who doing about speech prosessing, method that we talk in this final project are speaker transformation algorithm. This algorithm use preemphasize like another voice conversion, but there are something different with another algorithm that have been aplicated.
Speaker Transformation Algorithm are one of many voice modification method that modify source speaker voice to soubd like target speaker voice. This algorithm use segmental codebook to make some voice alteration and excitation that have relation with voice glotis.
In this final project , some training and analize done to search something about effect of using STASC to system. Input are consist of source speaker and target speaker that have duration about 2 – 5 second. Parameter of voice input are analize with LPC (Linear Predictive Coding). And then some prosses done to LPC that are obtained.
Perform of algorithm are tested by calculate method and subjective method. Result of the test is good enough, for men to women voice conversion is produce 4.3 – 4.6 MOS point and for men to men voice conversion is produce 3.6 – 4.1 MOS point.Keyword: LPC, codebook,source speaker,target speaker,STASC

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

konversi voice dengan algoritma speaker transformation berbasis pemetaaan codebook
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Leonardo Nugraha
Perorangan
Iwan Iwut Tritoasmoro, Koredianto Usman
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini