Peningkatan Keamanan Skema enkripsi Cat Map dengan menggunakan difusi berbasis Pseudorandom Number Generator pada Aplikasi Enkripsi Citra

Maya Andini Resti Fauziah

Informasi Dasar

111050172
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: ABSTRAK Tugas akhir ini menggunakan algoritma Cat Map untuk enkripsi citra digital. Algoritma Cat Map digunakan karena dapat memenuhi syarat enkripsi yang baik dari segi keamanan dan waktu pengenkripsiannya. Tetapi terdapat satu kekurangan dalam penelitian sebelumnya yang juga menggunakan algoritma Cat Map, yaitu avalanche effect-nya yang masih rendah, sehingga citra yang di enkripsi dapat dengan mudah dicrack. Oleh karena itu tujuan dalam tugas akhir ini adalah untuk meningkatkan performansi avalanche effect dengan membangkitkan kunci enkripsinya menggunakan Pseudorandom Number Generator (PRNG).
Tahapan awal yang dilakukan untuk enkripsi Cat Map ini adalah dengan membaca citra dan jumlah iterasi Cat Map, yang selanjutnya dicapture dan dicropping sesuai dengan ukuran yang sudah ditentukan. Kemudian hasil enkripsi Cat Map dibangkitkan kembali dengan PRNG. Prinsip kerja PRNG sendiri adalah dengan men- XOR bit-bit LSB dari piksel-piksel citra digital oleh Linear Feedback Shift Register (LFSR), kemudian menyisipkan bit-bit hasil XOR tersebut ke citra yang telah dienkripsi, sehingga citra tersebut akan lebih teracak.
Tahap selanjutnya adalah proses pendekripsian dari citra yang telah dienkripsi. Dekripsi adalah proses pengembalian citra yang telah dienkripsi sehingga citra kembali menjadi citra awal. Satu iterasi dihitung dari input sampai dengan terbentuk citra hasil transformasi Cat Map. Apabila ingin di lakukan lebih dari satu kali proses iterasi, maka setiap citra output dari iterasi sebelumnya menjadi citra input iterasi berikutnya. Ketika iterasi yang diminta telah selesai dilakukan, maka akan dihasilkan proses pendekripsian pada citra tersebut.
Setelah citra selesai dienkripsi dan didekripsi, performansi avalanche effect lebih baik dari penelitian sebelumnya, sehingga akan didapatkan tingkat sekuritas yang lebih tinggi dari penelitian sebelumnya yang tidak menggunakan PRNG.
Kata Kunci : Pseudorandom Number Generator, avalanche effect, Cat MapABSTRACT: ABSTRACT This final project uses Cat Map’s Encryption Algorithm to encrypt digital images. Cat Map’s Algorithm is used because this algorithm has a qualified security and encryption time. But there is a weakness about this algorithm; the avalanche effect value is still in the low level. Therefore, the encryption image is easier to be cracked. To fix the problem we need to improve avalanche effect value by generated Pseudorandom Number Generator encryption key.
At first, we read the images and iteration number of Cat Map algorithm, after that the image is captured and cropped to be image with suitable size. Then, the encryption result of Cat Map Algorithm is generated with PRNG. The PRNG’s principal itself is by XOR the LSB bits of the digital image with Linear Feedback Shift Register (LFSR) and the XOR results will be inserted to the image, so the image will be scrambled.
Next step is decryption process from the encrypted image. Decryption is a retrieval process of image that is being encrypted so that the image becomes original image again. One iteration is counted from input until the Cat map transformed image is being formed. If more than one iteration is desired, then each output image becomes the input image of the next iteration. When the desired iteration is finished, then the image is decrypted.
After the image is encrypted and decrypted, avalanche effect performance is better than previous research, so the security level is higher from previous research without PRNG.
Keyword: Pseudorandom Number Generator, avalanche effect, Cat Map

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

Peningkatan Keamanan Skema enkripsi Cat Map dengan menggunakan difusi berbasis Pseudorandom Number Generator pada Aplikasi Enkripsi Citra
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Maya Andini Resti Fauziah
Perorangan
Koredianto Usman, Danang Mursita
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini