Photoplethysmograph Berbasis PC Dengan Soundcard

Farchan Nuary A.D.

Informasi Dasar

111050075
621.381
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Ada banyak cara untuk mengetahui kondisi jantung sebagai organ vital dalam tubuh kita. Salah satunya dengan Photoplethysmograph (PPG). Photoplethysmograph merupakan perangkat yang digunakan untuk menentukan perubahan volume darah. PPG juga dapat digunakan untuk mengetahui kondisi kesehatan seseorang. Selain itu alat ini dapat mengukur denyut jantung dan dapat mengukur tekanan darah dalam waktu tertentu, dengan mengukur perubahan volume.

Pada Tugas Akhir ini direalisasikan Photoplethysmograph (PPG) berbasis PC dengan soundcard. Ditambah dengan software yang dapat menyimpan data seperti biodata, dan hasil cek kondisi jantung pasien selain itu dapat manampilkan denyut jantung secara real time.

Photoplethysmography ini terdiri dari sensor, penguat, LPF, limiter tegangan, soundcard, dan komputer sebagai penerima dan penampil data. Sensor tersusun atas LED merah dan fotoresistor (LDR) yang ditempatkan pada jari tangan. Sinyal yang dipancarkan LED diterima oleh LDR. Sinyal yang diterima LDR berubah-ubah sesuai perubahan volume darah, karena sinyal yang diterima amplitudonya sangat kecil dan mengandung noise maka perlu dikuatkan dan difilter. Kemudian sinyal analog tersebut diinputkan ke soundcard yang sebelumnya sudah dilewatkan ke limiter agar tegangan di soundcard tidak overload. Selanjutnya data dikirim oleh soundcard ke komputer. Di komputer ditampilkan grafik sinyal tersebut dan disimpan di database.

Setelah dilakukan pengujian, perangkat PPG digital yang telah direalisasikan dapat bekerja dengan baik dalam menampilkan grafik sinyal PPG, sinyal sudah bersih dari noise, dapat menghitung detak jantung tiap menit, dan sistem bersifat realtime. Dari hasil pengujian menghitung detak jantung permenit, PPG teruji akurat dengan pembanding perangkat standar klinik dan perhitungan manual dengan nilai kesalahan 1% – 5,2%.Kata Kunci : Photoplethysmograph (PPG) , soundcard.ABSTRACT: There are many ways to know the condition of the heart as a vital organ in our body. One of them with Photoplethysmograph (PPG). Photoplethysmograph is a device used to determine changes in blood volume. PPG is also used to determine a person's health condition.

In addition this tool can measure heart rate and can measure blood pressure within a certain time, by measuring the change in volume. In this final project will be built Photoplethysmograph (PPG) based on PC with sound card. Coupled with software that can store data such as personal data, and results of other investigations of patients with heart conditions can manampilkan heart rate in real time.

Photopletismography consists of sensor, an amplifier, LPF, limiting voltage, sound card, and the computer as a receiver and data visualization. The sensor consists of a red LED and Photoresistors (LDR) placed on a finger. LED emitted signal is received by the LDR. LDR received signal varies in accordance with changes in blood volume, because the received signal amplitude is very small and contain noise that needs to be strengthened and refined. Then the analog signal will be input into the sound card that was previously graduated with a voltage limiter that does not overload soundcard. In addition, data transmitted by the sound card to your computer. In computer graphics signals will be displayed and will be in store in the database.

After testing, the device has been realized by the digital PPG can work well in displaying graphics PPG signal, clean signal from the noise, it can measure heart rate per minute, and this system is realtime. From the test results to calculate the minutes of heart rate, PPG tested accurately with clinical standards and device comparison with manual calculation error value of 1% - 5.2%.Keyword: Photoplethysmograph (PPG), soundcard.

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

Photoplethysmograph Berbasis PC Dengan Soundcard
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Farchan Nuary A.D.
Perorangan
Achmad Rizal, Gelar Budiman
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini