Perancangan Dan Implementasi Jaringan Sistem Keamanan Berbasis Mikrokontroller Yang Terintegrasi Pada Perumahan Dengan Komunikasi RF

Fathan Hidayat

Informasi Dasar

111040225
621.381
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Sistem kemanan adalah sebuah sistem keamanan yang terintegrasi, yang secara otomatis akan memberikan informasi keadaan atau kondisi yang dapat diaplikasikan pada kompleks perumahan atau instansi yang membutuhkannya.

Pada prinsipnya sistem keamanan ini menggunakan dua sensor yang akan memberikan peringatan pada saat adanya kebakaran atau pencurian. Sensor yang digunakan adalah sensor infrared dan sensor asap, sehingga jika terjadi pencurian atau kebakaran, sensor akan mendeteksi dan mengirimkan informasi pada mikrokontroler. Mikrokontroler berfungsi sebagai pusat control. Mikrokontroler yang dipakai adalah jenis ATMEGA 8535. Untuk proses pengiriman dan penerimaan informasi digunakan media RF modul YS-FST3 transmitter dan YS-CZS3 receiver. Kedua pasangan RF modul ini berfungsi melakukan pengiriman dan penerimaan data melalui media udara. Data ini akan dikirimkan ke pos penjagaan keamanan atau petugas security yang bertugas mengamankan daerah tersebut, sehingga bisa segera dilakukan tindakan.

Dari hasil perancangan, pengujian dan analisis didapat bahwa sensor infra merah dapat mendeteksi adanya kondisi pintu di buka, dan sensor ini bekerja lebih baik saat kondisi tanpa cahaya ruang. Sensor asap dapat bekerja dengan baik dalam mendeteksi adanya perubahan keadaan udara bersih dan berasap. Sistem secara keseluruhan dapat bekerja dengan baik sampai dengan jarak maksimum 45m saat kondisi LOS (tanpa penghalang) dan 20m saat kondisi NLOS. Pada proses pengiriman informasi untuk jarak 2m terdapat delay rata-rata sebesar 66.666us.Kata Kunci : Mikrokontroler, Sistem Keamanan, Perumahan, RF ModuleABSTRACT: Security system is an integrated security system, which automatically gives information on the state or condition that can be applied to housing complexes or agencies which need them.

In principle, this security system uses two sensors that will alert you when there is a fire or theft. The sensor used is an infrared sensor and smoke sensor, so if there is theft or fire, the sensor will detect and transmit information in the microcontroller. Microcontroller serves as the central control. Microcontroller used is the type ATMEGA 8535. For the process of sending and receiving information used media YS FST3 RF transmitter and YS CSZ3 RF receiver. Both couples RF module serves to sending and receiving data through the air medium. This data will be sent to a security guard or security officer in charge of securing the area, so that action can be done immediately.

The result of design, testing and analysis shows that infrared sensors can detect the condition at the open door, and this sensor works better when the condition without light space. Smoke sensor can work well in detecting a change in clean air and smoky conditions. Overall system can work well up to a maximum distance of 45m when LOS conditions (without obstructions) and 20m when the NLOS conditions. In the process of sending information to a distance of 2m there is an average delay of 66.666us.Keyword: Microcontroller, security system, housing, sensors, RF Module.

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

Perancangan Dan Implementasi Jaringan Sistem Keamanan Berbasis Mikrokontroller Yang Terintegrasi Pada Perumahan Dengan Komunikasi RF
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Fathan Hidayat
Perorangan
M. Ramdhani, Iswahyudi Hidayat
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini