Perancangan Aplikasi Push Mail pada Professional Hosting Server dan Mobile Client

Randi Waranugraha

Informasi Dasar

111040198
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Industri komunikasi wireless mengalami perkembangan yang sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Pada saat yang sama kemunculan Internet mengubah cara pandang dan gaya hidup manusia akan komputer. Masyarakat semakin tergantung akan informasi yang tersedia pada Internet dan mereka ingin dapat mengakses Internet dari perangkat wireless. Tren teknologi saat ini sedang bergerak kearah mobile e-mail, memungkinkan e-mail dapat diterima kapan saja dan dimana saja oleh user.
Push mail, sistem e-mail yang menyediakan kemampuan selalu menyala dimana email baru akan langsung dikirim secara aktif dan instan saat tiba di mail server kepada mail client, berupa perangkat telepon seluler yang mendukung teknologi ini. Server hosting pada umumnya juga menyediakan fasilitas mail server yang sudah menggunakan protokol POP3 dan IMAP4, protokol yang cocok digunakan untuk push mail karena kemampuannya untuk mengambil e-mail dari mail server dan mengirimkan ke perangkat user. Disediakan kepada client yang berlangganan layanan mereka. Server-server tersebut jelas memiliki pengawasan maintenance 24 jam, IP Publik dan technical support yang handal.
Tugas akhir ini akan membutuhkan aplikasi pada sisi mail server, dalam hal ini Professional Hosting Server, dan sisi mobile client agar dapat menjalankan teknologi push mail. Aplikasi untuk mail server akan menggunakan Servlet. Aplikasi untuk client dibuat menggunakan bahasa pemrograman J2ME dan akan kompatibel dengan perangkat yang Java supported.Kata Kunci : Push Mail, POP3, IMAP4, Professional Hosting Server, J2MEABSTRACT: The wireless communication industry has seen rapid growth in the past several years. At the same time, the rapid emergence of the internet has changed the people lifestyle and the way they look at computers. People have become more and more dependent on the information that is available on the internet, and they will increasingly want to access the internet also from mobile, wireless devices. Today technology trend is moving towards mobile e-mail, enabling e-mail could be received anytime and anywhere.
Push mail, e-mail system providing always-on capabilities, in which new e-mail is instantly and actively pushed as its arrives at the mail server to the mail client, includes cellular phone device that support this technology. Hosting server usually facilitate mail server that supports POP3 and IMAP4 protocol, which both has the ability to fetch e-mail from mail server and send it to users device. This service usually available for their clients. Those server obviously has 24-hours maintenance control, Public IP and technical support that can be rely on.
The final project would need application for mail server, in this case Professional Hosting Server, and for user handset so it could run push mail. Mail server application use Servlet. Application for client would be made using J2ME programming language and would be compatible with Java supported devices.Keyword: Push Mail, POP3, IMAP4, Professional Hosting Server, J2ME

Subjek

Teknik Komputer
 

Katalog

Perancangan Aplikasi Push Mail pada Professional Hosting Server dan Mobile Client
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Randi Waranugraha
Perorangan
Agus Virgono, Budhi Irawan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini