Analisis PerformansiLayanan Data & Multimedia pada Jaringan 3G (Studi Kasus Telkomsel Kelapa Gading & Semper Jakarta Utara)

Dhani RIza Mustapha

Informasi Dasar

111040122
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Dunia teknologi komunikasi informasi di Indonesia sekarang ini memasuki babak baru dengan kehadiran teknologi 3G UMTS (3rd Generation Universal Mobile Telecomunication System) atau yang lebih dikenal dengan WCDMA. Perkembangan teknologi WCDMA diharapkan mampu mengakomodasi berbagai macam layanan paket data berkecepatan tinggi pada jaringan dan alokasi frekuensi yang telah ada. Untuk itu pada penerapan jaringan WCDMA diperlukan perancangan yang sangat matang dan optimasi jaringan sehingga dapat menghasilkan jaringan yang optimal dan menguntungkan.
Pada tugas akhir ini dilakukan pengukuran performansi jaringan berdasarkan KPI (Key Performance Indicators), seperti RSCP, Ec/No. Proses pengerjaan difokuskan pada area yang dilayani oleh RNC3buaran. Untuk mengetahui masalah yang ada, diperlukan data dari RNC3buaran berupa Video Retain dan PS Retain. Kedua data tersebut merupakan parameter tingkat ketahanan hubungan yang terjadi. Diperlukan drive test untuk mengetahui penyebab penurunan nilai Video Retain dan PS Retain. Penulis menggunakan data-data yang diperoleh dari operator TELKOMSEL JAKARTA Tbk.
Dari hasil analisis didapatkan performansi jaringan 3G yang diteliti berdasarkan parameter KPI yaitu RSCP, Ec/No, dan Throughput untuk daerah Kelapa Gading dan Semper. RSCP pada Daerah Kelapa Gading bernilai baik sebesar 66% dan 43% nilai Ec/No bernilai baik. Pada daerah Semper, hanya 14% nilai RSCP yang sangat baik dan 18% untuk nilai Ec/No. Besarnya nilai Throughput pada daerah Kelapa Gading rata-rata adalah 57,34 kbps. Sedangkan untuk daerah Semper, rata-rata bernilai 63,08 kbps.Kata Kunci : 3G, Drive TestABSTRACT: Technology of Communications in Indonesia now is entering a new act by becoming of 3G UMTS (3rd Generation Universal Mobile Telecomunication System) or which familiar is WCDMA. The development of WCDMA is expected to accommodate all of high speed data rate services at existing frequency. For assembling WCDMA network need the perfect planning and network optimization, so that can make optimal networks and give advantages.
In this research, the performance of network will be summarizing based on KPI (Key Performance Indicators), RSCP, EC/NO. The process will be focused on RNC3buaran area. To find a problem that exists, we need data’s from RNC3buaran. In this case, Video Retain and PS Retain are needed. The data’s show the durability of connection. Drive test needed to find the caused of problems. The author use data’s who collected from TELKOMSEL Tbk.
From the following research, the performance of 3G network at Kelapa Gading and Semper can be determined. At Kelapa Gading, 66% of RSCP at an excellent range and 43% Ec/No at an excellent range. At Semper, only 14% of RSCP at an excellent range, and 18% for the Ec/No. Throughput rate at Kelapa Gading is 57,34 kbps. Throughput rate at Semper is 63,08 Kbps.Keyword: 3G, Drive Test

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

Analisis PerformansiLayanan Data & Multimedia pada Jaringan 3G (Studi Kasus Telkomsel Kelapa Gading & Semper Jakarta Utara)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Dhani RIza Mustapha
Perorangan
Rendy Munadi, Uke Kurniawan Usman
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini