performansi positioning indoor dengan menggunakan algoritma time of arrival (toa) pada sistem ultra-wideband

renyati

Informasi Dasar

111030228
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Positioning merupakan suatu teknik penentuan posisi suatu objek, dimana hal ini bisa diukur dari sisi receiver ataupun dari sisi objek itu sendiri baik di dalam ruangan ataupun di luar ruangan. Positioning pada lingkungan indoor sangat membutuhkan tingkat akurasi yang tinggi hal ini disebabkan oleh terdapat sinyal multipath yang sangat mempengaruhi performansi positioning.
Time of Arrival (TOA) merupakan salah satu teknik positoning berdasarkan sinyal waktu kedatangan sinyal dari transmitter yang diterima oleh receiver. Pada Tugas akhir, Algoritma MUSIC (Multiple Signal Classification) digunakan sebagai super-resolution TOA, dimana algoritma ini baik digunakan untuk kondisi kanal multipath dengan bandwidth yang lebar.
Teknologi Ultrawideband (UWB) merupakan suatu teknologi aplikasi wireless yang ditujukan untuk komunikasi indoor. Frekuensi operasi UWB adalah 3.1-10.6 GHz. Hal ini sangat menguntungkan dimana teknik positioning dengan menggunakan algoritma MUSIC, performansinya akan semakin bagus dengan bandwidth yang lebih lebar.
Dalam Tugas Akhir ini, akan dianalisa delay propagasi antara objek dengan setiap receiver pada lingkungan indoor dengan menggunakan algoritma MUSIC dan algoritma Chan digunakan sebagai algoritma pembantu dalam perhitungan matematis penentuan posisi objek dalam koordinat (x,y). Kanal indoor yang digunakan pada Tugas Akhir ini adalah kanal Saleh –Valenzuela.Kata Kunci : -ABSTRACT: Positioning is a technique in determining an object position, where this can be measured by the receiver or by the object it self, whether indoor or outdoor. Indoor positioning requires very high accuracy, it caused by there are multipath signals which can be able to influence the performance of positioning.
Time of Arrival (TOA) is one of the positioning technique according to the arrival time signal from the transmitter to the receiver. In this final project, MUSIC Algorithm (Multiple Signal Classification) is used as a super-resolution TOA, where this algorithm is good to be used for multipath channel with a large bandwidth.
Ultrawideband (UWB) technology is an application wireless technology for indoor communication. Its frequency is 3.1-10.6 GHz. It will gives an advantage where the positioning technique using MUSIC Algorithm will gives better performance for the wider bandwidth.
In this final project, will be analized the propagation delay between object and each receivers for indoor environment using MUSIC Algorithm and using Chan Algorithm to determine the object position in coordinat (x,y). Indoor channel that used in this final object is Saleh-Valenzuela channel.
Keyword: -

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

performansi positioning indoor dengan menggunakan algoritma time of arrival (toa) pada sistem ultra-wideband
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

renyati
Perorangan
Dharu Arseno, Budi Prasetya
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini