EKSTRAKSI SINYAL MOTORIK DARI SINYAL ELECTOENCEPHALOGRAPH (EEG) DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA FIX POINT INDEPENDENT COMPONENT ANALYSIS (FP ICA)

DIMAS TUNGGUL WREHASPATI

Informasi Dasar

111030082
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Otak manusia adalah pusat dari semua pengaturan kegiatan, sirkulasi, dan managemen dalam tubuh manusia. Sebagai pusat dari semua kegiatan yang terjadi dalam tubuh manusia, otak manusia telah menjadi suatu obyek penelitian bagi para ahli saraf. Diharapkan dengan memahami aktifitas yang terjadi dalam otak manusia dapat memberikan sumbangan didalam memahami sistem lainya yang terjadi dalam tubuh manusia.
Salah satu cara yang dilakukan untuk memahami otak manusia adalah dengan melakukan analisa dan penilitian dari pancaran sinyal yang dipancarkan oleh otak manusia. Diketahui bahwa otak manusia memancarkan suatu sinyal berupa gelombang elektromagnetika dengan sifat dan karakteristik yang berbeda-beda sesuai dengan aktifitas yang dilakukan oleh manusia. Sinyal tersebut disebut sinyal Electroencephalograph (EEG). Sinyal EEG ini merupakan suatu sinyal yang kompleks karena merupakan hasil penjumlahan dari semua sinyal yang berasal dari seluruh fungsi otak yang ada. Untuk itu diperlukan adanya pemisahan antara sinyal yang satu dengan sinyal lainya sebelum dilakukan proses klasifikasi dan penelitian yang lebih lanjut. Tugas Akhir ini membahas mengenai proses ekstraksi sinyal motorik yang diakibatkan pergerakan motorik tangan kanan dan tangan kiri manusia dengan cara mendeteksi kemunculan sinyal mu . Sinyal mu merupakan sub-band dari sinyal EEG pada range frekuensi 9-11 Hz yang dijadikan standar oleh para peneliti untuk mendeteksi pergerakan motorik tangan manusia.
Pada tugas akhir ini proses ekstraksi dilakukan dengan menggunakan algoritma Independent Component Analysis (ICA) dan melakukan analisa berdasarkan kemunculan sinyal mu untuk menentukan jenis pergerakan tangan yang terjadi. Dari hasil pengujian, proses ekstraksi yang dilakukan pada daerah disekitar frontal lobe dan primary motor cortex, dengan approach deflation, linearity tanh, , parameter ekstraksi 3/4 dan stabilization on mampu mendeteksi jenis pergerakan dengan ketepatan 95%.
Kata Kunci : -ABSTRACT: As a main controller of all activities happened in human body, brain becomes an important organ for human. Researchers are believe that a good understanding of human brain will bring a good understanding of human body. One of the methods that can be used to understand the function and characteristic of human brain is by learning the signal those are transmitted by the brain. It is known that brain is transmitting a weak signal named Electroencephlaograph (EEG). EEG signal is a complex signal because it is a resultan signal from all activities those were happened during the recording time. That is why extraction is needed to be done. This thesis will discuss about the extraction process of EEG signals those are triggered by the left and right hand movement using the Independent Component Analysis (ICA). The result of the extraction process in frontal lobe – primary motor cortex area using parameters: motor cortex side of brain, deflation approach, tanh linearity, extraction parameter 3/4 and on stabilization is able to detect the motoric hand activities by accuracy 95%.Keyword: -

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

EKSTRAKSI SINYAL MOTORIK DARI SINYAL ELECTOENCEPHALOGRAPH (EEG) DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA FIX POINT INDEPENDENT COMPONENT ANALYSIS (FP ICA)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DIMAS TUNGGUL WREHASPATI
Perorangan
Iwan Iwut Tritoasmoro, Achmad Rizal
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini