analisa performansi image restoration menggunakan bayesian least square gaussian scale mixtures (BLS GSM) pada domain wavelet

shindy liliani adityaningsih

Informasi Dasar

111030019
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Indera merupakan alat yang dimiliki makhluk hidup untuk mengetahui keadaan lingkungannya. Dalam setiap kondisi, persepsi indera tiap orang tentunya akan berbeda-beda, begitu pula pada indera penglihatan (mata). Pada beberapa aplikasi (seperti penggambaran pada satelit, medis, astronomi, dan foto), manusia berperan sebagai subjek dalam menganalisa. Oleh karena itu, citra yang dihasilkan dari aplikasi-aplikasi tersebut harus memiliki kualitas yang bagus. Penurunan kualitas citra umumnya terjadi pada saat proses transmisi, pengambilan citra, dan sebagainya. Image Restoration memberikan solusi untuk memperoleh citra dengan kualitas yang baik. Image Restoration mengacu pada perbaikan dari suatu sinyal asli (citra asli) yang mengalami kecacatan yang dapat menurunkan kualitas citra.
Tugas Akhir ini membahas tentang proses Image Restoration atau perbaikan citra dengan menggunakan metode Bayesian Least Square-Gaussian Scale Mixtures (BLS-GSM). Metode ini dapat menghilangkan noise dan memperkecil blur pada citra yang telah terdegradasi. Karena citra yang digunakan adalah citra grayscale maka metode ini digunakan pada domain wavelet.
Hasil yang ingin ditampilkan adalah bagaimana sistem ini dapat melakukan proses perbaikan citra dengan beragam faktor degradasi (noise dan atau blur) dan memiliki performansi sistem yang lebih baik dibandingkan dengan sistem yang umumnya digunakan untuk memperbaiki citra. Dari percobaan diperoleh citra hasil perbaikan sistem memiliki tingkat performansi yang cukup baik untuk proses restorasi dan denoising. Hal ini disimpulkan berdasarkan nilai PSNR dan ISNR dari sistem. Berdasarkan proses restorasi, PSNR yang diperoleh berkisar 26 sampai 29 dB dan ISNR berkisar 2 sampai 6 dB. Sedangkan untuk proses denoising, PSNR yang diperoleh berkisar 26 sampai 29 dB dan ISNR berkisar 10 sampai 13 dB.Kata Kunci : : Image Restoration, Gaussian Scale Mixtures (GSM), Wavelet, noiseABSTRACT: Sense is an organ that every living creature has to know their living environment condition. In every condition, every people perception sense will be different, also on sight sense (eyes). In some application (such as satellite drawing, medic, astronomy, and photo), human act as an analyze subject. That is why the resulted image from the applications must have a good quality. Image quality descendant usually happen at transmission process, image grabbing, and others.
Image Restoration gives solution to obtain image with a better quality. This Final Project will discuss about image restoration process by using Bayesian Least Square-Gaussian Scale Mixtures (BLS-GSM) method. Image Restoration refers to the improvement of the original image which has flawed that can decrease the image quality. Image restoration can remove or minimize some image quality descendant. Because it is grayscale image that is used so this GSM method is use on wavelet domain.
The output of this project is to perform a system which is able to do image restoration process with variation of degradation factor (noise and blur) and have better performance than the general system that usually used in restore image. From the experiment that has been done, it obtain result image of restoration system have good performance for restoration and denoising process. This can be conclute based on PSNR and SNR value from system. Based on restoration process, PSNR which is obtained has value around 26 until 29 dB and ISNR is around 2 until 6 dB. While in denoising process, PSNR which is obtained has value around 26 until 29 dB and ISNR has value around 10 until 13 dB.
Keyword: Image Restoration, Gaussian Scale Mixtures (GSM), Wavelet, noise

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

analisa performansi image restoration menggunakan bayesian least square gaussian scale mixtures (BLS GSM) pada domain wavelet
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

shindy liliani adityaningsih
Perorangan
Achmad Rizal, Iwan Iwut Tirtoasmoro
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini